Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Upacara Ngadegan Pememben Bagia Pula Kerti Karya Agung Pengurip Gumi 2020

Prosesi Upacara 'Ngadegan Pememben Bagia Pula Kerti' digelar di wewidangan areal Pura Luhur Batukau, Penebel Tabanan, Sabtu (11/1), serangkaian menyambut Karya Agung Pengurip Gumi 20 Februari 2020 mendatang.

TABANAN – Sebuah ritual upacara digelar serangkaian acara dalam rangka menyambut Karya Agung Pengurip Gumi 20 Februari 2020 mendatang. Ritual ini disebut 'Ngadegan Pememben Bagia Pula Kerti' dilaksanakan di wewidangan areal Pura Luhur Batukau, Penebel Tabanan. Sabtu  (11/1).

Ritual ini dimaksudkan untuk melakukan doa kehadapan Ida Sang Hyang Widhi dalam rangka meyasa kerti, ngertiang jagad (menjaga keseimbangan Bumi) agar tetap seimbang dan teratur. Dengan cara menghaturkan berbagai upakara yang berisikan seluruh unsur bumi.

“Kita melaksanakan Yadnya ini Meyasa Kerti, Ngertiang Jagad agar bisa seimbang dan teratur sesuai dengan keinginan kita bersama,” jelas Ketua Panitia I Karya Agung Pengurip Gumi 2020 I Wayan Arya.

Ia melanjutkan, masing-masing Pura, yakni Pura Luhur Batukau dan Jajar Kemirinya, Pura Luhur Tanah Lot dan Pura Pucak Kedaton, semua medaging (berisi) Pememben Bagia Pula Kerti Pengurip Gumi. “Letak Pememben Bagia Pula Kerti Pengurip Gumi ini di Pura Luhur Batukau dan Jajar Kemirinya, Pura Luhur Tanah Lot dan Pura Pucak Kedaton, semua diisi satu-satu,” lanjut Arya.

Ia pun menyimpulkan kegiatan ini merupakan giat kita menanam keseimbangan dan karma baik melalui perbuatan dan pikiran melalui doa. “Singkatnya kesimpulan kita melakukan acara ini adalah menanam Kerti, menanam Karma Baik, dengan berbuat, berpikir dan disertai dengan doa untuk kesejahteraan Dunia secara keseluruhan,” imbuhnya.

Pada kesempatan tersebut, pihaknya juga mengingatkan kepada seluruh masyarakat Bali pada umumnya dan khususnya masyarakat Tabanan, agar memasang penjor pada masing-masing pemesuan rumah. Penjor mulai didirikan pada tanggal 15 Januari 2020 sampai dengan 2 April 2020, juga berlaku sebagai penjor Galungan dan Kuningan.

Selain dihadiri masyarakat dari berbagai Daerah di Bali dan para Panitia, kegiatan Ngadegan Pememben Bagia Pula Kerti Pengurip Gumi ini juga dihadiri oleh jajaran pejabat dan ASN Pemkab Tabanan, diantaranya, Sekda I Gede Susila, Asisten Perekonomian dan Pembangunan AA. Dalem Tresna Ngurah, Kepala Dinas Kebudayaan IGN. Supanji, dan Camat Penebel IGA. Supartiwi, Kabag Humas dan Protokol I Ketut Ridia beserta seluruh OPD terkait di lingkungan Pemkab Tabanan beserta staf. (*/Cia)

Komentar