Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Putri Suastini Koster Minta Warga Perantauan Desa Jati Bali Tidak Mengkristalkan Diri

Ny. Putri Koster saat simakrama dengan Warga Desa Jati Bali yang terletak di Kecamatan Ranometo, Kabupaten Konawe Selatan. Minggu (3/11). (Ist)

KENDARI - Ketua TP PKK Provinsi Bali Ny Putri Koster berkesempatan berkunjung ke perkampungan masyarakat Bali di Kendari, Sulawesi Teenggara. Kampung tersebut bernama Desa Jati Bali yang terletak di Kecamatan Ranometo, Kabupaten Konawe Selatan. Kunjungan tersebut dilakukan beberapa saat sebelum bertolak  ke Pulau Dewata. Minggu (3/11).

Dalam simakrama singkatnya, Ny Putri Koster sangat bangga dan mengapresiasi kerukunan Krama Bali yang ada di Desa Jati Bali. Untuk terus menjaga kerukunan antarkrama Bali dan krama lintas agama yang ada di perantauan maka Putri Koster mengimbau masyarakat agar tidak mengkristalkan diri, sehingga bisa berbaur dengan masyarakat lain dan kehidupan saling menjaga serta gotong royong dapat terus terjaga dengan baik.

Lebih lanjut, Ny Putri Koster juga meminta masyarakat untuk terus mengamalkan ajaran Tri Hita Karana, sehingga keharmonisan jalinan individu dengan Tuhan, masyarakat dan lingkungan sekitar dapat terjalin dengan baik.

"Di tengah kita menjunjung tinggi adat dan budaya bali, tapi jika ada di rantauan kita juga harus menghormati adat dan budaya yang ada, jadi apa yang bisa dikolaborasikan sepatutnya bisa dikolaborasikan sehingga kita bisa hidup beradampingan dengan rukun dan saling menghormati," ujarnya. 

Sementara itu, Kepala Desa Jati Bali Made Arnawan, menyampaikan ucapan terima kasih atas kunjungan dari Ketua TP PKK Provinsi Bali yang juga merupakan istri Gubernur Bali. Ia menyampaikan bahwa Desa Jati Bali sudah terbentuk sejak tahun 1968 dan saat ini telah memiliki 300 KK. Di samping itu, saat ini Desa Jati Bali juga sudah dinobatkan sebagai desa adat dan budaya di Kabupaten Konawe Selatan.

Untuk itu, dalam menjalankan amanat sebagai desa adat, dirinya akan terus belajar terkait bagaimana membangun desa adat yang baik, dan senantiasa akan meminta bimbingan dari Pemerintah Provinsi Bali khususnya Gubernur Bali.

“Untuk itu, saya minta sebagai masyarakat yang ada di rantauan, Pemerintah Provinsi Bali tidak melupakan kami, tapi sebaliknya tolong perhatikan kami juga karena bagaimanapun juga kami adalah bagian dari masyarakat Bali yang dulunya bersedia merantau ke tempat ini," pintanya.

Acara yang berlangsung singkat tersebut, terlihat sangat memberi makna tersendiri bagi masyarakat Desa Jati Bali dan seluruh masyarakat sangat menikmati hiburan lagu dan puisi dari Ny Putri Koster. (*/Cia)

Komentar