Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Inilah Hasil Grand Final Pemilihan Duta Hijau Bali 2019

Sebagian Finalis Duta Hijau saat berlaga di malam Grand Final (Foto: Hms/ist)

TABANAN – Pemkab Tabanan melalui melalui leading sektornya Manajemen Daya Tarik Wisata (DTW) Jatiluwih, menggelar Pemilihan Duta Hijau Provinsi Bali 2019 yang acara Grand Finalnya diselenggarakan  di Gedumg Kesenian I Ketut Maria, Tabanan, Minggu, (18/8) malam.

Berdasarkan penilaian para juri di Grand Final Pemiluhan Duta Hijau Bali 2019, pasangan I gusti Putu Putra Mahardika dan Maria Nindi Dewi ditetapkan sebagai Juara Pertama Duta Hijau Bali 2019.

Selain Juara Pertama, juri juga menetapkan Juara runner up pertama sampai keempat. Juara Runner up pertama  pasangan Tude Nugraha Mahantara dan Ida Ayu Nindia Brahmani Putri sedangkan Juara runner up kedua pasangan AnakAgung Indrayana dan I Gusti Ayu Putri Andiani. Juara runner up ketiga pasangan I Gusti N gurah Bagus PrananthaBistara Kusuma dan Ni Kadewk Ayu Silvani. Juara runner up keempat, pasangan I Putu Ferry Wistika dan Ni Made Ayu Ratna Ginanti.

Para juri juga menetapkan Juara Favorit Duta Hijau Bali yang diraih pasangan I Putu Doni Irawan dan Ni Putu Amelia Gita Karisma Dewi. Tidak itu saja, juri juga menetapkan Juara Persahabatan Duta Hijau yang diraih pasangan Kadek Dwijayana Putra dan Ptu Novi Widariani. Juara Fotogenik Duta Hijau Bali diraih pasangan Komang Wisnu Budikesuma dan Ni Putu Ni Purnama Sari.

Sebelum para juara diumumkan, Ketua Panitia kegiatan, Pande Dwi Sinar Maheni dalam laporannya mengatakan pemilihan Duta Hijau Bali 2019 ini Serangkaian pelaksanaan Festival Jatiluwih 2019 yang dilaksanakan dari Juli - September 2019.

Disebutkan, sebelum acara grand final  telah dilakukan berbagai tahap guna menentukan sembilan finalis yang mewakili Kabupaten/Kota se-Provinsi Bali. Di antaranya melalui seleksi yang digelar pada 31 Mei 2019 yang diikuti oleh 135 pasangan dari sembilan Kabupaten/Kota se-Bali.

"Setelah ditentukan atau meloloskan sembilan pasangan finalis yang nantinya akan diseleksi menjadi Duta Hijau Provinsi Bali 2019, digelar masa-masa pra karantina, setelah itu karantina yang merupakan pembekalan ilmu bagi pasangan finalis yang bersaing di grand final," paparnya

Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti diwakili Sekretaris Daerah Kabupaten Tabanan I Gede Susila saat membuka acara sangat mengapresiasi pelaksanaan pemilihan Duta Hijau Bali 2019. “Hal ini adalah sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan peran generasi muda dalam melaksanakan pelestarian lingkungan. Duta hijau ini nantinya harus mampu memberikan ide-ide kreatif dalam upaya pelestarian lingkungan,” tegasnya.

Menurut Bupati Tabanan,  salah satu jenis permasalahan lingkungan yang menjadi isu internasional adalah pemanasan globlal. Dampak dari pemanasan global tersebut adalah meningkatnya temperatur bumi, naiknya permukaan air laut, kemarau yang berkepanjangan, berkurangnya ekosistem dan lain-lain. Untuk itu, maka diperlukan upaya pelestarian lingkungan.

Bupati Tabanan juga menegaskan bahwa tugas ini sangatlah berat mengingat perkembangan jaman saat ini sangatlah cepat. Duta ini akan bertugas mengubah persepsi masyarakat, memberikan motivasi kepada masyarakat sehingga masyarakat makin peduli dan cinta lingkungan, serta selalu berperan aktif dalam upaya pelestarian lingkungan.

“Dalam upaya membangkitkan kembali kearifan lokal yang telah kita miliki ini, maka diperlukan duta yang akan menjadi agen perubahan,” tegasnya.
 
Hadir pada kesempatan tersebut, Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta, Anggota DPRD Provinsi Bali, I Ketut Purnaya, Sekretaris Daerah Kabupaten Tabanan, I Gede Susila, Plt. Kepala DinasPariwisata Provinsi Bali, I Putu Astawa, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten Tabanan, AA. Dalem Tresna Ngurah, Kadis LH Kabupaten Tabanan, I Made Subagya, Camat Tabanan, beserta undangan lainnya. (Dim/Cia)

Komentar