Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Walikota Rai Mantra Sembahyang Haturkan Pujawali di Pura Luhur Pekiyisan Beji Agung Sad Kahyangan Jagat Bali Luhur Batukau

Pemkot Denpasar melaksanakan persembahyangan serangkaian Pujawali di Pura Luhur Pekiyisan Beji Agung Sad Kahyangan Jagat Bali Luhur Batukau, Kecamatan Penebel, Tabanan Pada Kamis (1/7). Dalam kesempatan itu turut hadir Walikota Denpasar, I.B. Rai Dharmawijaya Mantra didampingi Kabag Kesra Setda Kota Denpasar, Raka Purwantara. Foto : Ist

TABANAN – Jajaran Pemkot Denpasar melaksanakan persembahyangan serangkaian Pujawali di Pura Luhur Pekiyisan Beji Agung Sad  Kahyangan Jagat Bali Luhur Batukaru, Kecamatan Penebel, Tabanan Pada Kamis (1/7).

Dalam kesempatan itu turut hadir Walikota Denpasar, I.B. Rai Dharmawijaya Mantra didampingi Kabag  Kesra Setda Kota Denpasar, Raka Purwantara.

Walikota Denpasar, I.B. Rai Dharmawijaya Mantra menyambut baik pelaksanaan Upacara Piodalan di Pura Luhur Pekiyisan Beji Agung Sad  Kahyangan Jagat Bali Luhur Batukaru.

"Pelaksanaan upacara piodalan ini merupakan bentuk perwujudan Sradha Bhakti masyarakat dalam meningkatkan nilai spiritual sebagai umat beragama dan semoga pelaksanaan upacara Dewa Yadnya ini dapat dilaksanakan secara tulus ikhlas dan maknanya dapat memberikan energi positif bagi masyarakat yang melaksanakannya” ujar Rai Mantra.

Sementara Perwakilan Panitia Piodalan, I Wayan Artana mengatakan puncak piodalan akan dilaksanakan pada 3 Agustus mendatang yang juga bertepatan dengan Hari Suci Kuningan.

“Rangkaian upacara yang pertama dilaksanakan upacara Nanceb pada 30 Juli 2019, lalu pada 31 Juli 2019 dilaksanakan upacara NyamuhNgingsahNgolemin dan Menghias/Memenjor, lalu pada 1 hingga 2 Agustus 2019 dilaksanakan upacara Nyangkepin UpakaraNgiyas AmpilanNgulap Ambe Ngadegan, dan Puncak dari piodalan ini dilaksanakan pada tanggal 3 Agustus 2019 yang diantaranya diisi dengan acara Ngolah Caru, Pinunas, Memetik, Nganteb Caru, Memendak Ida Betara, Ida Betara Kairing Mesucian, Ida Bhatara Katuran Datengan, Ngelinggihan ke soang-soang yoga, Ngaturang pedudusan, Meedan, Nuur, Mekincang-kincung dan Ngaturang Punjung Penyaksi. Sementara pelaksanaan Pujawali kali ini disaksiang oleh Ida Cokorda Anglurah Tabanan, Ida Kubayan Batukaru, dan Mangku Gede Luhur Besikalung” ungkap Artana.

Lebih lanjut, Wayan Artana mewakili segenap Pengempon Pura Luhur Pekiyisan Beji Agung Sad  Kahyangan Jagat Bali Luhur Batukaru mengucapkan terima kasih atas kehadiran Walikota Denpasar, I.B Rai Dharmawijaya Mantra mengikuti rangkaian Pujawali.

"Terutama dengan kehadiran Bapak Walikota Rai Mantra rangkaian Upacara Dewa Yadnya yang kami laksanakan semoga dapat berjalan lancar dan memberi kemanfaatan bagi masyarakat kami” ujarnya. (*/Cia)

 

 

Komentar