Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Polsek Kubu Gandeng Pelajar Bersih Bersih Sampah Plastik

Suasana aksi bersih bersih sampah plastic di Kubu, Kamis kemarin. Foto : Oke

KARANGASEM – Upaya mengurangi sampah plastik terus digemakan berbagai elemen masyarakat. Tak ketinggalan jajaran Polsek Kubu menyatakan perang terhadap sampah plastik. Upaya mengurangi sampa plastik dilakukan dengan mengajak anak-anak sekolah. Kamis kemarin.

Kegiatan ini dilakukan sekaligus untuk merayakan hari peduli sampah nasional (21/2) 2019. Apel dipinpin langsung Kapolsek Kubu AKP I Komng Sura Maryantika.

Hadir dalam giat ini Danramil Kubu Kapten Inf I Made Taman, Camat Kubu I Nyoman Sura Tika, S.Sos. M.AP, Kepala Desa Se-Kec. Kubu, Dewan Guru SMP SMA/K Kubu,  Pejabat Polsek Kubu, dan sebagai  peserta upacara dari Unsur Kepolisian Polsek Kubu, TNI Koramil Kubu,  Unsur Camat Kubu, Unsur Staf Desa Kubu, Guru Guru dan Siswa SMP dan SMA/K Kubu.

Sebagai Inspetur Upacara  Kapolsek Kubu AKP. I Komang Sura Maryantika, S.H. didampingi Danramil Kubu dan Camat Kubu, dan sebagai komandan Upacara Ipda I Ketut Suardiana.

Kapolsek mengajak semua pihak untuk peduli sampah. Karena sampah sangat berbahaya bagi lingkungan dan masa depan bumi. Terutama sampah plastic.

Pihaknya mengajak semua komponen masyarakat peduli akan bahaya sampah plastic dan memeranginya. “Ini bisa mulai dari lingkungan terkecil yakni rumah tangga,” ujarnya. sementara untuk anak anak sekolah juga bisa mulai dari sekolah masing masing.

Kapolsek mengatakan masalah sampah adalah masalah memilah. Yakni membedakan sampah plastic dan sampah organic. Karena sampah organic sendiri bisa dijadikan pupuk. Sementara sampah plastic bisa di olah dan di daur ulang.

Sampah plastic kalau di biarkan di campur dengan sampah organic akan merusak lingkungan. Karena sampah plastic sulit terurai. Butuh ratusan sampai ribuan tahun untuk bisa terurai. “Kita harus bersama sama sadar akan bahayanya sampah plastic,” ujarnya.

Pada upacara tersebut juga di bacakan ikral peduli sampah nasional. Usai upacara dilanjutkan dengan aksi bersih bersih lingkungan di lapangan umum Kubu dan TPA Kubu. Aksi bersih bersih lingkungan ini juga diikuti para pelajar SMP dan SMA se kecamatan Kubu.

Para siswa dan peserta upacara dari Kepolisian, TNI dan juga Kecamatan turun bersama sama dengan membawa kampil. Mereka memungut sampah plastic yang ada di lapangan umum yang juga lokasi upacara.

“Selain seremonial kita juga ada eksyien dengan melakukan bersih bersih sekaligus memotivasi warga akan pentingnya kepedulian akan sampah plastik,” ujar Sura. (Oke/Cia)

Komentar