Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Kurangi Bahaya Sampah Plastik, JCI dan Warga Deklarasi “Kedas-kedas Badung”

Foto : Ist/Hms

BADUNG – Kesadaran akan bahaya sampah plastik terus disuarakan berbagai komponen warga. Baru baru ini, JCI dan warga Badung Utara sepakat mendeklarasikan diri mengurangi akan bahaya sampah plastik. Semangat tersebut dilakukan guna mewujudkan pembangunan berkelanjutan.  

Deklarasi "Kedas-Kedas Badung" tersebut digelar di Wantilan Jaba Pura Pura Dalem Gede Blahkiuh, Abiansemal, Badung, Minggu (3/2/2019). Deklarasi dihadiri Kepala Dinas Lingkungan Hidup Eka Mertawan, Anggota DPD RI Anak Agung Ngurah Oka Ratnadi, anggota DPR RI I Gusti Agung Putri Astrid, anggota DPRD Bali I Nyoman Laka, Local President 2019 JCI Badung David Susandi.

Project Director Cleaning Beach Blitz (CBB) Ni Luh Kadek Suastiari mengungkapkan, aksi ini bagian dari upaya mendukung pengelolaan sampah dan pengurangan sebagaimana diatur dalam dua Perbup di Kabupaten Badung.

Dua Perbup itu masing-masing, Peraturan Bupati Badung No. 48 Tahun 2018 tentang Pedoman Pelaksanaan Reduce, Reuse dan Recycle Melalui Bank Sampah, dan Perbup No. 47 tahun 2018 tentang Pengurangan Penggunaan Kantong Plastik.

"Kami sangat konsern dengan kebersihan dan lingkungan hidup, jadi kami ingin berpartisipasi mendukung dua Perbup Badung No 47 dan 48, tersebut," jelas Suastiari yang juga Vice President JCI Badung.

Melalui kegiatan ini, pihaknya mengajak masyarakat untuk lebih peduli dengan lingkungan masing-masing dengan mengurangi penggunaan kantong plastik. "Kami ingin mencolek masyarakat untuk bisa mendukung, mensukseskan dua Peraturan Bupati Badung ini," tegasnya lagi.

Melalui aksi tersebut akan dipergunakan dari Badung untuk bergerak ke Badung Selatan.Pihaknya konsern pertama mulai dari Badung Utara.

JCI Badung melakukan kegiatan Sosialisasi Gerakan Kedas Kedas Badung oleh JCI Badung mengambil tema ‘Cleaning Blitz and Diet Plastic Bag Movement’ dengan mengajak masyarakat di Kabupaten Badung.

Kegiatan Kedas Kedas di kabupaten Badung yang telah dan sedang serta menjadi gerakan itu diharapkan bisa berlaku setiap anggota JCI Badung yang dilakukan secara pribadi pribadi anggota di lingkungan tempat tinggal maupun sekitar tempat kerja.

Dalam kesempatan sama, Local President 2019 JCI Badung David Susandi menambahkan, pihaknya akan berpartisipasi mendukung gerakan kebersihan di Bali dan dalam waktu dekat dengan fokus pertama area Badung.

Selain itu, JCI Badung terus mengajak keluarga dan masyarakat seperti di tempat umum seperti pasar, pura maupun aliran sungai juga pantai di kabupaten Badung untuk memunguti sampah dan terkhusus sampah plastic atau an organik.

Pihaknya memberi tas alternative pengganti kresek melalui CSR anggota JCI Bali untuk mengurangi pemakaian tas plastic. Tas pemgganti kresek itu akan dibagikan di semua desa se kabupaten Badung, untuk tahap awal ini diberikan kurang lebih 10.000 tas. (*/Cia)

Komentar