Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Promosikan Karangasem, Artis Diajak Megibung

foto : Oke

KARANGASEM - Agar kebudayaan Karangasem lebih dikenal, Dinas Pariwisata Karangasem sengaja mengandeng  sejumlah artis untuk mempromosikan obyek yang ada di Karangasem sehingga lebih mendunia.

Beberapa artis yang diajak memperomosikan yakni Febi Febiola dan juga  mantan putri Kecantikan Indonesia Anindya Putri. Febi Febiola sendiri sempat datang ke Mesium Lontar, Desa Dukuh Penaban, Karangasem.

Menurut Ketua Pokdarwis Desa Dukuh Penaban Nengah Sudana Wiryawan, bintang sinetron ini sempat diperkenalkan tradisi khas Bali yakni megibung. Mereka diajak bersama atau dikenal megibung bersama kru lainya saat berada di Meseum Lontar.

Selaian diajak megibung, jajaran artis ibukota ini juga diperkenalkan soal konservasi lontar diantaranya adalah menulis diatas daun lontar yang menggunakan pisau khusus. Mereka juga diajarkan menulis sastra dan bahasa Bali yang diajarkan oleh tim khusus untuk menuntunya. Semua wisman asing yang datang kesana juga diajarkan soal konservasi lontar seperti menulis diatas daun lontar atau istilahnya Ngerupak.

Selaian kunjungan ke mesium juga ada kegiatan lainya yang dijual seperti trekking ke beberapa lokasi di desa Dukuh Penaban. Setelah itu para tamu disuguhkan  welcome dring berupa Jus Bawang Adas.

Dalam sehari minimal lima wisman yang datang berkunjung. Mereka sangat tertarik dan penasaran  dengan Lontar. karena keterbatasan waktu mereka hanya diberikan pelajaran menulis lontar. "khusus welcome dring sengaja dengan bawang adas karena mengandung obat untuk kesehatan", ujarnya.

Bawang Adas sendiri tumbuh subur disekitar Meseum. Karena berkhasiat bawang  kemudian dimanfaatkan. Khasiat bawang adas di ketahui saat ada wisman Dubai yang ingin menyalin isi Lontar tersebut.

Kadis Pariwisata Karangasem, Wayan Astika mengatakan, sengaja mendatangkan Febi dan Anindya Putri untuk mempromosikan pariwisata Karangasem. dengan aktifitas ke artisan mereka diharapkan bisa secara tidak langsung mempromosikan ODTW di Karangasem.

Mereka juga di ajak ke beberapa obyek wisata seperti Taman Eldewis di Besakih, Desa Tengenan, Bukit Asah, Sidemen, Iseh, Besakih.

Di Iseh dikenalkan atraksi tenun tradisional dan juga jembatan Kuning yang menghubungkan ke Klungkung. juga ke Tirta Gangga dan Padang Safana di Kubu. Mereka juga diajak untuk snorkeling di Amed. Mereka juga diperkanalkan Cakepung, Selonding dan Sanghyang Jaran di Pura Nangka, Bebandem.

Selain itu,  mereka mengabadikannya dengan  membuat video pendek tentang obyek wisata Karangasem. kegiatan ini sendiri di support Kementrian Pariwisata. (Oke/Cia)

Komentar