Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Pejabat Karangasem Kena Ulah Hacker Minta Pulsa

foto : Oke

KARANGASEM - Kepala Dinas Kependuduka dan Catatan Sipil Kabupaten Karangasem I Wayan Sumidia geram setelah akun facebook miliknya diketahui diambil alih hacker.

Ulah hacker ini diketahui berkat informasi dari salah satu pengguna facebook yang juga merupaka seorang wartawan. Dimana pada hari ini (02/08) sekitar pukul 19.00 wita dirinya tiba - tiba mendapatkan masanger dari akun Facebook bernama Sumidia Wayan meminta agar dikirimkan pulsa kesatu nomor yang disertakan didalam pesannya dengan alasan sedang ada acara dan penting untuk dihubungi.

Agar lebih meyakinnkan, dalam chating tersebut pelaku juga mengatakan akan mengganti uang tersebut jika pulsa sudah dikirim. Sayangnya aksi oknum hacker ini rupanya diketahui oleh wartawan dan dinilai tidak sangat tidak masuk akal seorang Kepala Dinas tiba tiba chating minta dibelikan pulsa.

Oknum hacker ini semoat beberapa kali diajak chating sembari mengiakan untuk kirimkan pulsa ke nomor tersebut. Sempat ditanya beberapa hal terkait jabatannya sebagai Kepala Dinas. Rupanya pelaku hacker ini cukup pintar dimana sebelum nelancarkan aksinya informasi terkait pemilik yang asli sepertinya telah dipelajari terlebih dahulu.

Hingga wartawan ini akhirnya memutuskan untuk mengkonfirmasi langsung via SMS kepada Wayan Sumidia yang menyatakan tidak pernah meminta pulsa, bahkan akun facebook tersebut dikatakan Sumidia sudah tidak aktif sejak setahun terakhir.

Tidak sampai disana, beberapa saat kemudian oknum pelaku hacker ini kembali mengirimkan masanger kepada wartawan ini mengatakan seolah olah bahwa dirinya tersebutlah yang asli sementara yang mengirimkan masanger sebelumnya adalah hacker. Namun wartawan ini rupanya juga curiga dengan gelagatnya setelah beberapa kali chating ternyata benar lagi lagi ujungnya meminta agar dikirimkan pulsa.

Sementara itu untuk memastikan, media ini juga langsung melakukan konfirmasi terkait masanger tersebut, Kepala Disdukcapil Karangasem, I Wayan Sumidia. Ketika ditanya, Sumidia langsung membantah bahwa dirinyalah yang meminta pulsa kepada wartawan tersebut. Bahkan dikatakan Sumidia akun facebooknya tersebut sudah tidak aktif sejak setahun lalu.

"Akun itu sudah tidak aktif dari setahun lalu, ya tolong dibantu klarifikasi biar tidak ada yang menjadi korbannya," kata Sumidia.

Karena ini menyangkut namanya, Sumidia langsung melaporkan ulah hacker tersebut ke bagian Ciberkrim Polres Karangasem agar dilakukan pelacakan terhadap pelaku hacker ini karena dianggap sudah meresahkan.

"Tadi saya sudah laporkan,  masih dicek oleh dicayber," tuturnya. (Oke/Cia)

Komentar