Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Korban Meninggal Gempa Lombok Bertambah Jadi 14 Orang

foto : istimewa

SELONG - Berdasar laporan BPBD Provinsi Nusa Tenggara Barat tercatat 14 orang meninggal dunia, 162 jiwa luka-luka dan ribuan unit rumah rusak akibat dampak gempabumi  berkekuatan 6,4 Scala Richter (SR) yang mengguncang wilayah Lombok, Bali dan Sumbawa Minggu (29/7/2018) pagi.

Gempa terjadi pada pukul 05.47 WIB juga masih diikuti dengan gempa susulan.  Hingga pukul 14.00 WIB, BMKG mencatat telah terjadi 124 kali gempa susulan.

"Gempanya dengan kekuatan yang lebih kecil dan tidak berpotensi tsunami," ungkap Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho dalam rilis kepada media.

Data sementara berdasarkan laporan BPBD Provinsi Nusa Tenggara Barat, tercatat 14 orang meninggal dunia, 162 jiwa luka-luka dan ribuan unit rumah rusak.

"Dampak terparah dari gempa terdapat di Kabupaten Lombok Timur," sambungnya.

Di Kabupaten Lombok Timur terdapat 10 orang meninggal dunia yaitu Isma Wida(30) warga negara Malaysia, Ina Marah(60), Ina Rumenah(58),  Aditatul Aini (27) , Herniwati (30) Ina Hikmah(60), Fatin (80)  Egi (17), Wisnu (8) dan  Hajratul (8).

Sementara, sebanyak 67 orang luka berat dan ratusan jiwa luka sedang dan luka ringan. Kerusakan rumah mencapai lebih dari 1.000 unit rumah baik rusak berat, rusak sedang dan rusak ringan. Pendataan masih dilakukan.

Dilaporkan di Kabupaten Lombok Utara terdapat 4 orang  meninggal dunia yaitu Juniarto (8 ), Rusdin (34) , Sandi (20)  dan Nutranep (13). Sebanyak  38 jiwa luka berat yaitu 12 orang luka-luka dirawat di Puskesmas Senaru, 15 orang di Postu Sambikelen, 1 orang di RSUD Tanjung, dan 10 orang di Puskesmas Anyar. Data sementara kerusakan rumah  terdapat 41 unit rusak berat, 74 unit rusak sedang dan 148 unit rusak ringan. Sebanyak 6.237 KK terdampak gempa.

Sutopo menambahkan,beberapa laporan kerusakan rumah juga terdapat di Kabupaten Lombok Barat, Kabupaten Sumbawa Barat, dan Kota Mataram. Pendataan masih dilakukan oleh BPBD.

Kebutuhan mendesak saat ini adalah tenaga medis, tandu, peralatan kesehatan, kids ware dan makanan siap saji. BPBD dan beberapa instansi lain telah menyalurkan bantuan permakanan, air mineral, tenda pengungsi, makanan lauk pauk, makanan tambahan gizi dan lainnya.

Mobilisasi peralatan dan logistik terus dilakukan. BNPB terus mendampingi BPBD dan mengirimkan bantuan yang diperlukan. Logistik dan peralatan yang ada di gudang BPBD disalurkan untuk membantu korban.

Secara umum infrastruktur seperti komunikasi, jalan, listrik dan lainnya masih baik. Kementerian Komunikasi dan Informatika melaporkan kondisi layanan telekomunikasi di kawasan terdampak khususnya di Kecamatan Sambelia, Kecamatan Sembalun da Kecamatan Bayan, operator Telkomsel dan XL Axiata melaporkan layanan komunikasi  seluler tetap dapat digunakan.

Sementara jaringan Indosat dan H3I tidak dapat digunakan akibat padamnya lairan listrik. PLN masih melakukan perbaikan. Evakuasi pendaki yang berada di Gunung Rinjani masih dilakukan oleh petugas. Berdasarkan data dari  Balai Taman nasional Gunung Rinjani (BTNGR), jumlah pendaki ke Gunung Rinjani tercatat 826 jiwa, baik wisatawan asing dan nusantara.

Laporan dari BTNGR Resor Senaru  sebanyak 115 orag wisatawan asing sudah turun di Senaru Kabupaten Lombok Utara. Proses evakuasi pendaki masih dilakukan oleh petugas BTNGR, Kantor SAR Mataram, Brimob Polri NTB dan relawan. (cia)

Komentar