Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Demi Suwasta, Ribuan Warga Nusa Penida Turun Gunung

foto : istimewa

KLUNGKUNG - Agenda simakrama pasangan calon (paslon) Bupati I Nyoman Suwirta dan Wakil Bupati Klungkung, I Made Kasta digelar di Nusa Penida. Selasa (8/5). Sejak pukul 07.00 wita, simakrama dimulai dengan melakukan blusukan kepasar Mentigi yang ada di Pusat Kecamatan Nusa Penida.

Bersama Calon Gubernur Bali, nomor urut dua, IB Rai Darmawijaya Mantra, Paslon Bupati I Nyoman Suwirta menyapa satu persatu para pedagang di pasar ini. Yang tentunya tidak asing bagi pedagang setempat, Karena seringnya I Nyoman Suwirta berada di pasar ini untuk berbelanja kebutuhan sehari-hari utamanya canang.

Selanjutnya simakrama dilaksanakan di Gor Nusa Penida, yang berada di lapangan umum Sampalan yang dihadiri lebih dari 6 (enam) ribu masyarakat Nusa Penida. Dan dua barung baleganjur. Warga datang turun gunung mengenakan pakaian adat madya, lengkap ornamen poleng sebagai ciri khas paslon 2 Klungkung ini.

Acara simakrama besar-besaran ini, Calgub Bali, IB Rai Darmawijaya Mantra nampak hadir di tengah warga didampingi segenap partai pengusung dan pendukung kedua paket yang sama-sama memiliki unggulan nomor dua ini.

                                      

Gelora seruan coblon nomor dua kian menggema dengan penuhnya gor baik di bawah maupun yang ada di atas. Ketika tim kampanye menyebut ... Coblos nomorr... disambut dengan ... Dua... sambil mengacungkan dua jari keatas.

Calon Bupati I Nyoman Suwirta dihadapan para pendukung setianya menyebutkan perkembangan Pulau Nusa Penida sangat pesat utamanya dibidang infrastruktur jalan dan air.

“Dulu lebih dari tiga puluh tahun lamanya jalan dinusa Penida tidak pernah diperbaiki, hancur disana-sini, tapi saat ini secara perlahan dari tahun 2015 kami perbaiki dan perhalus lagi dengan jalan coldmix,” kata Suwirta.

Sedangkan akses jalan pariwisata dan jalan yang belum selesai diperbaiki dipastikan kelar pada tahun 2019 nanti. Hal ini mengikuti perkembangan pariwisata yang berkembang besar.

“Presiden Jokowi sering menggelorakan, harga minyak harus sama seluruh Indonesia, dan kamipun demikian di sini, dulu harga sangat jauh lebih mahal di Pulau Nusa Penida, baik sembako, BBM dan semuanya lebih mahal namun kini bisa sama dengan strategi yang kami lakukan,” papar Suwirta.

Dan pada program kali ini, menggenjot pembangunan infrastruktur dan pembangunan pelabuhan segitiga emas untuk menciptakan perekonomian yang lebih meningkat di Nusa Penida dan juga Klungkung daratan.

“Nusa Penida dan Klungkung daratan pembangunannya dilakukan bersinergi, sehingga tidak ada kesenjagan kemajuan, jika Badung punya Nusa Dua Klungkung juga punya Nusa Penida, dan perkembangan saat ini benar-benar luar biasa baik dibidang  fisik maupun dibidang pembangunan Sumber Daya Manusianya,” kata Suwirta sambil mengajak Coblos Nomor Dua.

Sementara Calon Gubernur IB Rai Mantra lebih mengajak masyarakat cerdas dalam memilih. Dengan program Nawa Candra yang dimiliki paslon Mantra Kerta diyakini mampu membangun Bali dengan jalan Tri Hita Karana mulai dari pembangunan Pawongan Palemahan dan Parhyangan.

Tidak kalah dengan para Paslon, salah satu pendukung yang sudah terkenal di Nusa Penida, I Nengah Setar secara bergelora mengajak masyarakat untuk Coblos nomor 2. “Napi malih kayunin, Pak Nyoman Sube terbukti jek lanjutkan coblos nomor dua,” seruan Setar.

Setelah di Nusa Penida, simakrama juga dilanjutkan di Klungkung daratan hingga malam hari.  (*)

Komentar