Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Koster: Ekonomi Digital, Jadikan Produk Lokal Menglobal

foto : istimewa

JAKARTA - Perkembangan teknologi informasi, mendapat perhatian serius oleh pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Bali nomer urut 1 Wayan Koster-Tjok Oka Artha Arhana Sukawati (Koster-Ace). Saat  tampil pada acara acara Kupas Kandidat yang diadakan TVRI Nasional, Rabu (11/4) malam, Koster-Ace menegaskan akan menerapkan ekonomi digital untuk meningkatkan perekonomian masyarakat Bali.

Pertentangan pelaku ekonomi digital dan pelaku ekonomi konvensional, menurut Koster tidak perlu terjadi. Keduanya harus dijaga dan diberikan tumbuh pada porsinya masing-masing. Jika dipercaya memimpin Bali, pihaknya akan memberikan ruang masing-masing kepada pelaku ekonomi konvensional maupun pelaku ekonomi digital.

Meski demikian, Koster sangat tertarik dalam pelaksanaan ekonomi digital yang berbasis pada teknologi informasi dalam upaya meningkatkan perekonomian di Bali. “Perkembangan teknologi tidak bisa dihidari, dan harus dimanfaatkan secara optimal untuk meningkatkan potensi lokal. Menjadikan produk lokal menglobal,”ujarnya. 

Salah satu aplikasinya adalah, dengan memfasilitasi  produk lokal dengan teknologi informasi sehingga  membuka pasar yang lebih luas, dan harga menjadi lebih baik, sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat. “Kita akan memfasilitas para pengerajin, atau usaha-usaha ekonomi kerakyatan dengan penerapan ekonomi digital, sehingga membuka pasar global yang lebih luas,”kata Koster. (*)

Komentar