Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Putri Koster Minta Pengusaha Berperan Aktif Majukan UMKM Bali

Ketua Dekranasda Prov Bali Ny. Putri Suastini Koster (Ist).

DENPASAR - Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Bali, Ny. Putri Suastini Koster, terus mengupayakan berbagai cara agar pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dapat menyesuaikan diri dalam menjalani tatanan kehidupan era baru di tengah pandemi Covid-19. Hal itu diungkapkan saat jadi pembicara dalam dialog siaran tunda BaliTV, yang mengusung tema ‘Peluang Produk Kerajinan Pasca Pandemi Covid-19, di Denpasar, Rabu (29/7).

Selain telah mendorong penggunaan platform digital, dia juga menggugah kepedulian para pengusaha yang selama ini bergiat dan memperoleh keuntungan di Bali, dapat ikut berperan aktif dalam memajukan UMKM, dengan memberi ruang promosi yang lebih luas.

Menurutnya, hampir seluruh sektor usaha, baik yang berskala besar, menengah maupun kecil, kini tengah menghadapi kesulitan yang sama, karena dampak pandemi Covid-19 yang belum pasti kapan akan berakhir. Hampir seluruh sektor usaha dipastikan mengalami kendala pemasaran hingga tingkat penjualan yang turun drastis.

“Pandemi ini juga telah mengajak kita untuk jeda sejenak. Tapi ingat, tak boleh berlama-lama. Sekarang saatnya kita bangkit, mulai melihat dan berpikir apa yang harus kita lakukan,” ujarnya, menekankan.

Salah satu upaya yang diupayakan, adalah menjajaki kerja sama dengan pengelola Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai. “Jangan hanya berpikir untung-rugi, tapi bagaimana semua komponen mampu menunjukkan kepedulian terhadap kearifan lokal. Akan sangat membahagiakan kalau produk kerajinan kita bisa dipamerkan, sekalipun hanya di tembok. Kita bangga, produk kita hadir di situ sebagai ajang promosi,” ucapnya.

Terkait dengan adaptasi kebiasaan baru, Putri Koster kembali mengingatkan agar pelaku UMKM cepat menyesuaikan diri, dan memanfaatkan platform digital dalam memasarkan produk mereka. Dia juga minta Kadin Daerah Bali dapat jadi orangtua asuh bagi pelaku UMKM. Lembaga ini diharapkan dapat memberi ruang, mengasuh, dan menumbuhkembangkan UMKM di Pulau Dewata.

Sementara Ketua Kadin Bali, Made Ariandi, menyampaikan dukungan penuh atas berbagai program pemerintah dan Dekranasda Bali dalam upaya memajukan UMKM. Dia juga mendorong peran aktif kalangan pengusaha dalam memasarkan produk kerajinan Bali.

“Investor yang berusaha di Bali harus memberi ruang promosi bagi hasil UMKM lokal, yang jadi bagian dari pelestarian warisan budaya,” ucapnya.

Menanggapi harapan Putri Koster agar hasil kerajinan lokal Bali bisa dipajang di areal bandara, Ariandi menyatakan bahwa pihaknya mendukung penuh. Bahkan, sebelum pandemi Covid-19, dia sempat berkomunikasi dengan pihak Pelindo, agar pelaku UMKM diberi ruang pameran di areal pelabuhan. (ono)

Komentar