Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Antisipasi Covid-19, Wabup Sanjaya Bagikan APD

Wakil Bupati Tabanan, I Komang Gede Sanjaya saat membagikan 40 pcs Alat pelindung Diri (APD) kepada Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tabanan di ruang lobi Kantor Bupati Tabanan. Rabu (13/5). (ist)

TABANAN – Wakil Bupati Tabanan, I Komang Gede Sanjaya membagikan 40 pcs Alat pelindung Diri (APD) kepada Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tabanan. Penyerahan APD berupa ‘Baju Cover All’ tersebut dilangsungkan di Kantor Bupati Tabanan. Rabu (13/5).

APD tersebut merupakan sumbangsih dari pihak perseorangan yakni Seniman asal Tabanan I Nyoman Nuarta.

Turut hadir saat itu anggota DPRD Tabanan Gusti Komang Wastana dan Edi Nugraha Giri, Sekda Kab Tabanan I Gede Susila, Kepala Dinas Kesehatan Tabanan I Nyoman Suratmika, Direktur BRSU Tabanan dr. Susila, Direktur RS Nyitdah dr. Wisma Berata dan beberapa OPD terkait.

“Dua hari yang lalu Saya ditelepon oleh Bapak Nuarta. Ia memberikan APD khusus buat Kabupaten Tabanan berupa baju Cover All. Dan pesan Pak Nyoman Nuarta, tolong digunakan atau dimanfaatkan dengan baik,” ujar Wabup Sanjaya sebelum menyerahkan APD tersebut kepada Kadiskes Tabanan.

Ditambahkan, meski bantuan tidak seberapa namun harus bisa dimanfaatkan dengan tepat guna, sehingga efektif dalam penanggulangan penyebaran Covid-19 khususnya di Tabanan. Ia mengklaim bahwa Kabupaten Tabanan terdampak Covid-19 paling rendah di Provinsi Bali.

Kegiatan tersebut juga merupakan bentuk kepedulian Pemerintah terhadap Tenaga Kesehatan dalam menangani percepatan penanggulangan pandemi wabah Covid-19 di Tabanan. Dengan harapan wabah pandemi global ini secepatnya bisa ditanggulangi.

 “Mudah-mudahan ini tetap bisa kita jaga hingga pandemi ini berakhir di Tabanan,” harapnya.

Sanjaya menambahkan, meski Kabupaten Tabanan terdampak relatif paling rendah, namun pihak Pemkab tetap akan berupaya untuk melengkapi keperluan APD, baik untuk tenaga kesehatan, Forkopimda, OPD dan masyarakat Tabanan. Hal itu dilakukan sebagai langkah antisipasi untuk menghadapi kemungkinan terburuk yang disebabkan oleh pandemi global ini.

“Kami di Pemkab beserta jajaran, Forkopimda dan DPRD juga telah menyiapkan beberapa APD, baik itu masker dan lain-lain. Dan kami juga berterima kasih kepada pihak lain yang telah peduli ikut membantu pemerintah dalam menangani wabah ini dan kami sangat terbuka terhadap sumbangsih pihak lain, baik perseorangan maupun stake holder, ” ujarnya.

Dia juga berharap,  agar pemberian oleh pihak lain baik perseorangan, stake holder dan oleh CSR pasti dimanfaatkan dengan baik berikut menghimbau kepada GTPP Covid-19 Tabanan, beserta seluruh jajaran sampai di tingkat Desa agar secara aktif mendata kekurangan APD yang mendesak di masyarakat, sehingga mampu sedini mungkin melakukan pencegahan.

Sementara Kadiskes Tabanan  I Nyoman Suratmika mengatakan bantuan ini akan diserahkan kepada pihak Rumah Sakit baik itu BRSU, RS Nyitdah dan Puskesmas yang ada di Tabanan yang membutuhkan. “Kan mereka tercatat kebutuhan pemakaiannya. Nanti kita serahkan kesana,” ungkapnya.

Bantuan yang masuk baik dari bantuan Pemerintah ataupun perseorangan dan CSR, menurut Suratmika akan dicatat dan didata secara terpusat dan nantinya diaudit oleh pihaknya.

“Jadi 3 bulan kedepan aman karena kita sudah ada pengadaan juga. Diawal susah karena tempat beli tidak ada sedangkan uang ada. Sekarang kita sudah dapat beli dan juga dapat sumbangan,” tutup Suratmika. (*/Cia)

Komentar