Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Ringankan Beban Warga, Pemkab Karangasem Gratiskan Air PDAM

Bupati Karangasem, IGA Mas Sumatri Direktur Perumda Tirta Tohlangkir, Gusti Made Singarsi saat menyampaikan kebijakan penggratisan air PDAM bagi warga kurang mampu. Rabu (15/4). (Ist)

KARANGASEM - Pemkab Karangasem kembali membuat terobosan guna membantu masyarakat  akibat  semakin melemahnya prekonomian warga terdampak pandemic Covid-19 saat ini.  

Kebijakan tersebut dilakukan bersama Perumda Tirta Tohlangkir dengan memberikan atau menggratiskan air bagi warga kurang mampu selama tiga bulan terhitung pemakaian April hingga Juni 2020.

Direktur Perumda Tirta Tohlangkir, Gusti Made Singarsi memaparkan bahwa rencana pemakaian air secara cuma-cuma selama tiga bulan ini sebenarnya telah dibicarakan sejak 9 April lalu. 

Bahkan upaya niatan membantu warga kurang mampu ini telah  disepakati Bupati Karangasem dengan megeluarkan surat terkait perencanaan pemakaian air secara gratis tersebut.

Hanya saja, Pihak PDAM Karangasem saat ini tengah melakukan pendataan warga yang berhak untuk mendapat air secara gratis.

“Saat ini kami tengah mendata warga yang berhak mendapat air gratis,” ujar  Singarsi saat ditemui. Rabu (15/4).

Dilain pihak, Bupati Karangasem, I Gusti Ayu Mas Sumatri berharap agar kebijakan penggratisan air PDAM tersebut tidak hanya diperuntukan bagi pelanggan atau Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR), namun juga diperuntukkan bagi masyarakat atau pelanggan lainnya yang membutuhkan.

Untuk itu, nantinya akan ditelusuri kembali lewat PDAM Karangasem bagi warga atau  pelanggan yang benar-benar membutuhkan.

“Untuk MBR saat ini kan sudah menerima sambungan gratis dari dana Pusat. Kita tak hanya memberi bantuan yang terdata di MBR saja, dan saya sudah tugaskan agar PDAM memetakan masyarakat yang memerlukan bantuan ini,” kata Mas Sumatri. (*/Oke)

Komentar