Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Tiba di Ngurah Rai, 537 Pekerja Migran Langsung Cek Kesehatan

Suasana pengecekan Pekerja Migran yang baru tiba di Bandara Ngurah Rai, Badung, Bali. Jum'at (10/4). (Ist)

BADUNG – Sebanyak 537 Pekerja Migrant Indonesia (PMI) asal Bali kembali tiba di Bandara  Internasional I Gusti Ngurah Rai, Badung, Bali. Ratusan pekerja ini terdiri dari 97 Pax ABK Carnival Cruise Line, Miami - Amerika dan 440 ABK Carnival Cruise Line, New Orleans – Amerika.

Sekretaris Daerah Provinsi Bali yang juga selaku Ketua Harian Gugus Tugas Covid-19 Provinsi Bali Dewa Made Indra menerangkan, kedatangan PMI INI mulai tiba di Ngurah Rai sejak pukul 14. 00 wita.

Begitu tiba di Ngurah Rai, para PMI tersebut langsung disambut petugas kesehatan dan petugas pendamping terdiri dari  personel Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), Kesdam, Dokkes Polda Bali, Dokkes Polda Bali, Dinas Kesehatan Provinsi Bali, Badung dan Kota Denpasar.

“Para pekerja luar negeri ini langsung dicek kesehatannya berikut suhu tubuh guna mengantisipasi penyebaran virus Corona yang saat ini tengah mewabah di dunia international,” ungkap Dewa Indra.   

Turut mendangingi jajaran petugas di Ngurah Rai Petugas yakni jajaran Disnaker ESDM,  Pol PP,  BPBD,  Dishub, dan Unsur TNI & Polri

Sesuai standar yang telah ditetapkan, Ratusan PMI harus melewati protokol kesehatan dengan 3 tahap yakni melakukan registrasi dan di cek suhu tubuh menggunakan thermo gun, melakukan cek saturasi O² dan melakukan wawancara gejala batuk (batuk, sakit tenggorokan dan demam/riwayat demam) serta wawancara riwayat perjalanan. Dan berikutnya adalah petugas melakukan rapid test terhadap PMI.

Dewa Indra kembali menekankan bahwa penerimaan PMI ini telah disesuaikan dengan SOP yang berlaku. Untuk itu Dewa Indra meminta kepada para PMI yang berpotensi negatif untuk menjalankan karantina mandiri dirumah secara disiplin.

“Selain itu Satgas Gotong Royong yang ada di Desa dengan dibantu Dinas Kesehatan Kab/Kota Atau Puskesmas maupun Puskesmas Pembantu agar secara disiplin memantau para PMI yang karantina secara mandiri,” tutupnya. (Cia)

Komentar