Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Pemkab Tabanan Gelar Sosialisasi Optimalisasi Pendapatan Asli Daerah

Kegiatan Sosialisasi Optimalisasi Pendapatan Asli Daerah Pemkab Tabanan sebagai salah satu upaya meningkatkan kinerja pengelolaan Pendapatan Asli Daerah (PAD) di Gedung Kesenian I Ketut Maria, Tabanan, Rabu (11/3). (Ist/Hms)

TABANAN – Pemkab Tabanan mngggelar Sosialisasi Optimalisasi Pendapatan Asli Daerah. Kegiatan ini merupakan salah satu  upaya meningkatkan kinerja pengelolaan Pendapatan Asli Daerah (PAD), sekaligus mengurangi ketergantungan keuangan pusat dalam rangka mewujudkan kemandirian daerah serta mendukung penyelenggaraan pembangunan dan pemerintahan daerah menuju Tabanan Serasi.

Kegiatan yang digelar di Gedung Kesenian I Ketut Maria, Tabanan,  Rabu (11/3) ini dibuka Bupati Tabanan diwakili Sekretaris Daerah Kabupaten Tabanan, I Gede Susila.

Turut hadir unsur Forkopimda Tabanan, Asisten I dan II Sekretariat beserta jajaran OPD di lingkungan Pemkab Tabanan, serta diikuti oleh para Perbekel se-Kabupaten Tabanan.

Bupati Tabanan dalam sambutannya dibacakan Sekda Susila mengatakan bahwa PAD Kabupaten Tabanan merupakan salah satu sumber pembiayaan pembangunan yang merupakan jati diri bahkan harga diri Kabupaten Tabanan.

“Sehubungan dengan hal tersebut, selaku Pimpinan Daerah, Saya memberikan perhatian sangat serius terhadap upaya-upaya untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Tabanan,” ucapnya.

Terkait hal ini, Bupati memerintahkan seluruh jajaran Perangkat Daerah Kabupaten Tabanan untuk mengambil langkah-langkah konkrit dalam upaya meningkatkan dan mengoptimalkan seluruh potensi PAD Kabupaten Tabanan.

Ditambahkan, kegiatan ini merupakan langkah awal dalam rangka melakukan optimalisasi PAD di Kabupaten Tabanan melalui akselerasi dan inovasi-inovasi peningkatan PAD. Diantaranya, melakukan penyesuaian produk hukum, pengembangan sistem informasi PBB, layanan secara online dan lain-lain.

Disamping itu,  pihaknya juga berharap langkah sinergitas seluruh jajaran bahkan sampai jajaran Pemerintah Desa. Karena hal itu dipandang sangat perlu, guna menggali informasi dan sumber-sumber potensi baru yang selama ini masih ada yang belum terdata dan ditetapkan sebagai wajib pajak Daerah maupun retribusi Daerah.

Pihaknya juga berharap agar  warga Tabanan menjadi warga yang semakin sadar akan hak dan kewajibannya. Sehingga membayar pajak bukan menjadi momok yang membebani apalagi menakutkan, melainkan justru menjadi sebuah kebanggaan sebagai warga negara yang baik karena taat membayar pajak.

“Kedepannya semoga taat membayar pajak menjadi sebuah trend budaya , yaitu malu kalau tidak taat bayar pajak,” tambahnya.

Dalam kesempatan sama, Kepala Bapelitbang Tabanan, IB. Wiratmaja menegaskan Bupati Tabanan telah membentuk tim guna realisasi rencana tersebut yakni tim Optimalisasi PAD.

“Namanya optimalisasi, berarti kita harus membuat atau membangun tiang-tiang strategi kebijakan agar PAD itu optimal,” jelasnya.

Wiratmaja menambahkan, hal ini tidak akan terwujud apabila tidak melakukan apa yang diintruksikan oleh pimpinan, yakni taat membayar pajak. Dengan masyarakat taat membayar pajak dan mentaati segala sesuatu yang berhubungan dengan PAD Kabupaten Tabanan, maka Tabanan akan bisa lebih mandiri. (*/Cia)

Komentar