Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Kurangi Angka Kecelakaan, Kapolres Karangasem Pimpin Rapat Koordinasi RSPA

Suasana kegiatan Rapat Koordinasi Road Safety Partnership Action (RSPA) di Aula Dhira Brata Polres Karangasem. Selasa (3/3). (Ist)

KARANGASEM - Kapolres Karangasem, AKBP Ni Nyoman Suartini memimpin langsung kegiatan Rapat Koordinasi Road Safety Partnership Action (RSPA) di Aula Dhira Brata Polres Karangasem. Selasa (3/3). Rapat ini digelar guna  mengurangi tingkat kecelakaan berlalulintas.

Hadir dlm giat rapat RSPA tersebut sejumlah pihak diantaranya Dandim 1623 Karangasem, Letkol Inf. Bima Santosa, Wakapolres Karangasem Kompol Aris Purwanto, Kasat Lantas Polres Karangasem, Kapolsek Jajaran dan Forkompinda Kabupaten Karangasem.

Kapolres Karangasem dalam sambutannya menegaskan bahwa keselamatan berlalulintas adalah tanggung jawab bersama dan merupakan kerjasama dari semua unsur terkait. Dalam hal ini, bukan hanya tugas Kepolisian semata dalam menciptakan rasa aman dan nyaman dalam berlalulintas.

Namun peran Disdikpora dalam memberikan pemahaman pengetahuan kepada anak anak sekolah juga penting guna dalam hal ini memberikan edukasi mana yang pantas dan mana yang tidak sehingga anak sekolah perlu di pasilitasi angkutan sekolah guna keselamatannya.

“Keselamatan berlalulintas adalah tanggung jawab bersama dan merupakan kerjasama dari semua unsur terkait dan bukan hanya tugas Kepolisian semata," tegas  ungkap Kapolres Suartini.

Dandim 1623 Karangasem,  Letkol Inf. Bima Santosa mengucapkan terimakasih kepada pihak Kepolisian khususnya Sat Lantas Polres Karangasem sudah memimpin rapat Koordinasi ini kita dapat duduk bersama membahas tentang Road Safety Partnership Action (RSPA) Tindakan Kepemilikan bagian keselamatan jalan.

Dalam kesempatan sama, Kasat Lantas Polres Karangasem memaparkan tujuan dari rapat Koordinasi membahas tentang Road Safety Partnership Action (RSPA) guna mewujudkan keselamatan berlalulintas, kelancaran berlalulintas, mengurangi tingkat kecelakaan lalulintas dan penegakan hukum di jalan. 

“Sesuai data, 20% kecelakaan lalu lintas disebabkan karena hewan berkeliaran sementara 30% kecelakaan juga disebabkan akibat Kurangnya penerangan jalan dan jalan berlubang,” jelasnya.   

Sementara itu Sekda Karangasem dalam kesempatan tersebut menyatakan dukungannya denan  program Polres Karangasem mengurangi tingkat Kecelakaan lalulintas di Kabupaten Karangasem.

“Bila perlu terkait program dari Polres Karangasem di sosialisasikan di setiap sekolah-sekolah, Supir Truk dan Banjar,” tegasnya.

Dukungan akan program RSPA ini juga disampaikan Dinas Perhubungan Karangasem dan siap akan melakukan penyuluhan dan sosialisasi ke sekolah-sekolah. Berkaitan dengan penerangan Jalan pada tahun 2020 ini untuk jalan Provinsi sudah di pegang oleh Dinas Perhubungan Provinsi Bali. 

Kadis Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat Kabupaten Karangasem (PUPR) juga menampaikan hal sama dan siap akan memperbaiki sejumlah ruas jalan berlumbang dengan pola pemeliharaan. Sejauh ini pihaknya sudah melakukan pembetonan jalan guna memberi kenyamanan terhadap pengguna jalan.

Wakil Ketua I PHDI Kabupaten Karangasem juga mengucapkan terimakasih kepada Polres Karangasem sudah bersinergi dengan pihak PHDI. Bahkan pihaknya sudah memberikan sosialisasi ke sekolah-sekolah dan instansi terkait  berkaitan dengan menggunakan helm saat menggunakan pakaian adat dan siap akan memasang spanduk sepanduk di jalan mengenai memakai helm saat berpakaian adat.

Di sisi lain Jasa Raharja Karangasem menyampaikan harapannya agar pada saat sosialisasi juga menyasar Club motor, angkutan umum dan Supir Truk dalam beretika berkendara kurang disiplin.

Kasat Pol PP Kabupaten Karangasem intinya menyampaikan guna menekan terjadinya lakalantas  seringnya dilaksanakan patroli dialogis menyasar Para supir Truk yang berjalan beriringan.

BPBD Kabupaten Karangasem intinya menyampaikan terkait dengan rapat Koordinasi ini berkaitan dengan tupoksi tugas BPBD saat penanganan Pohon tumbang dan Bencana alam (Banjir)  yang mengganggu kenyamanan beralulintas dirinya siap membantu Polres Karangasem guna menurunkan tingkat kecelakaan berlalulintas.

Dinas Kesehatan Kabupaten Karangasem intinya menyampaikan dirinya akan siap membantu 24 jam Polres Karangasem guna mendukung program Polres Karangasem mengurangi tingkat Kecelakaan lalulintas di wilayah hukum Polres Karangasem. 

Dinas Pariwisata Intinya menyampaikan dirinya menghimbau kepada Pihak Polres Karangasem untuk sosialisasi tidak hanya pihak sekolah maupun supir truk namun wisatawan asing juga perlu diberikan edukasi berkaitan dengan tertib berlalulintas.

Dinas Pendidikan Kabupaten Karangasem intinya menyampaikan akhir-akhir ini seiring berjalannya waktu banyak siswa SMP yang menggunakan kendaraan pribadi karena belum cukup umur ini disebabkan lemahnya penegakan hukum di sekolah apapun lemahnya pengawasan orang tua terhadap anak tersebut. (Realise/Oke)

Komentar