Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Pemda Tabanan Gandeng Forkopimda Sukseskan Karya Pangurip Bumi

Foto : Ist/Hms

TABANAN – Guna mensukseskan Karya Agung Pengurip Gumi yang akan digelar 20 Februari 2020 mendatang, Pemkab Tabanan secara intens melakukan koordinasi dengan berbagai pihak termasuk jajaran Forkopimda Kabupaten Tabanan.  Upaya ini juga dilakukan dengan melakukan audensi dengan jajaran Kejari Tabanan, Selasa (21/1).

Sekda I Gede Susila mewakili Pemkab Tabanan diterima langsung Kepala Kejari Tabanan, Ni Wayan Sinaryati beserta jajarannya di kantornya kemudian berdiskusi membahas akan pentingnya pelaksanaan karya Agung Pangurip Bumi dengan sukses.   

Dalam diskusi tersebut, Sekda Susila menyatakan akan pentingnya pemantapan rencana jelang acara besar itu sesuai dengan arahan dari Wabup Sanjaya selaku Ketua Umum Karya Agung Pengurip Gumi.

“Karya ini adalah upacara yang sangat disakralkan, yang merupakan pewisik atau pewuwus Ida Betara, sehingga harus dilaksanakan sebaik mungkin” ungkapnya didampingi Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Inspektur Tabanan, Kepala Bakeuda dan Camat Tabanan.

Dijelaskan, Pewisik (Sabda) diterima pada saat Ida Betara yang berstana di Pura Luhur Batukau nepak pedasaran sesaat menjelang nyineb pujawali Ida Betara Batukau. Dari situlah diminta agar digelar Karya Agung Pengurip Gumi atau penyucian Jagad.

“Salah satu syarat yang diminta adalah melaksanakan ritual melasti berjalan kaki sejauh 43 km dari Pura Luhur Batukau sampai di Pura Luhur tanah Lot. kemudian dari Tanah Lot lagi jalan, istirahat di Pura Puseh Tabanan, lanjut lagi ke Pura Luhur Batukau,” tambahnya.

Mengingat sangat pentingnya pelaksanaan Karya ini, Sekda I Gede Susila meminta agar Kejaksaan Negeri Tabanan turut serta berpartisipasi untuk mensukseskan serangkaian kegiatan Karya Agung Pengurip Gumi, sehingga berjalan dengan lancar sesuai dengan keinginan bersama.

Puncak acara akan digelar 20 Februari 2020 hingga 2 April 2020. Sementara puncaknya yaitu tanggal 20 Februari 2020. “Mohon doa restu dan kerjasamanya,” pintanya.

Terkait karya besar tersebut, Susila mengajak semua unsur Forkopimda untuk bekerjasama sebagai perwujudan sinergi dalam mewujudkan pebangunan di Tabanan. Disamping itu untuk ikut mensukseskan Karya Agung pengurip Gumi dan merupakan bagian menjaga keseimbangan , keserasian, keharmonisan dan kelestarian Bumi kita secara sekala dan niskala.

Dalam audiensi ini Kejari Sinaryati menyatakan siap turut serta berpartisipasi serta bersama-sama mensukseskan Karya demi kebaikan semua pihak. “Mari bersama-sama dengan kompak mensukseskan kegiatan yang luar biasa ini,” ujarnya. (*/Cia)

Komentar