Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Kapal Bantuan Kemenhub RI Diplaspas

Foto : Ist/Hms

DENPASAR – Kementerian Perhubungan RI memberikan bantuan kapal KM. Banawa Nusantara 63 kepada Dinas Perhubungan Kota Denpasar. Kapal ini untuk menunjang sarana prasarana perhubungan laut bagi masyarakat yang akan beraktivitas di laut seperti kegiatan  bersembahyang ke Pura Sakenan dan lain lain. Pada Jumat (10/1) Kapal dengan kapasitas 25 penumpang ini di upacarai melalui upacara pemelaspasan di Dermaga Kodang Pemelisan, Sesetan Kecamatan Denpasar Selatan.  

Pemlaspasan Kapal jenis Ferry ini disaksikan  Sekretaris Daerah Kota Denpasar, AAN. Rai Iswara usai pelaksanaan upacara Pemlaspasan didampingi Kadishub Kota Denpasar, I Ketut Saryawan bersama pula unsur TNI Angakatan Laut serta sejumlah tokoh masyarakat setempat.

Sekda Kota Denpasar, AAN. Rai Iswara menyambut baik dan berterima kasih atas  bantuan kapal KM. Banawa Nusantara 63 yang diberikan Kementerian Perhubungan RI kepada Pemkot Denpasar. “Tentu dengan adanya bantuan ini menjadi langkah strategis dalam menunjang sektor- sektor terutama pariwisata dan perekonomian yang bermuara pada kesejahteraan masyarakat, yang tentu saja perlu nantinya dikomunikasikan dengan baik apa saja yang dibutuhkan untuk meningkatkan kualitas pelayanan baik itu perhubungan laut, darat dan udara di Kota Denpasar” ujar Sekda Rai Iswara.

Sementara Kadis Perhubungan Kota Denpasar, I Ketut Sriawan saat ditemui mengatakan bantuan kapal dari Kementerian Perhubungan RI adalah wujud perhatian Pemerintah Pusat terhadap Kota Denpasar. Dinas Perhubungan Kota Denpasar ingin mengembangkan angkutan multi-moda maupun antar moda darat dan laut.

“Bagaimanapun sistem transportasi adalah suatu sistem yang harus terintegrasi baik transportasi darat, laut dan udara. Perhubungan darat, laut dan udara yang bagus akan mewujudkan satu kesatuan sistem transportasi yang baik. Kota Denpasar, khususnya di wilayah Denpasar Selatan banyak mengalami pergerakan wisatawan baik yang akan menyeberang dari Dermaga Kodang Pamelisan menuju Nusa Penida dan Nusa Lembongan bahkan juga adanya kearifan lokal Piodalan di Pura Sakenan yang juga membutuhkan  moda transportasi laut berupa penyeberangan para pemedek” ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan Sriawan, Dinas Perhubungan Kota Denpasar ingin menunjang sektor- sektor lain termasuk sektor Pariwisata yang tentu saja bersinergi dengan dinas pariwasata dan dinas terkait tentunya. Kerjasama dengan masyarakat berjalan baik yang tentu saja hasil akhirnya untuk kesejahteraan masyarakat Kota Denpasar.

“Dapat diinformasikan pula, Kapal ini memiliki 25 kursi penumpang dengan maksimal menampung 24 penumpang plus 1 nahkoda dengan maksimal pengangkutan barang sebesar 10 Ton.

Tentu harapan kami bantuan kapal ini dapat memberikan pelayanan bagi masyarakat kota di wilayah pesisir terutama di wilayah pelabuhan guna memaksimalkan sektor seperti parwisata untuk kesejahteraan masyarakat. Sementara bantuan kapal ini berjumlah 1 unit ini dan rencanaya akan diluncurkan secara resmi pada HUT Kota Denpasar di Bulan Februari mendatang” ungkap Sriawan (*/Cia).

 

Komentar