Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Aksi Gemar Makan Ikan Sambil Megibung

Kegiatan makan ikan untuk meperingati Hari Ikan Nasional di Yeh Gangga Beach Club, Pantai Yeh Gangga, Kamis, (21/11). (Ist)

TABANAN - Upaya membudayakan gemar makan ikan terus digalakkan berbagai pihak. Selain memiliki protein tinggi, makan ikan sangat dianjurkan karena bisa mencegah Stunting.

Aksi budaya gemar makan ikan juga digelar oleh Yayasan PAUD se Sudimara, Tabanan, Kamis (21/11). Sedikitnya 80 anak-anak dari usai PAUD hingga Taman Kanak-kanak ikut serta dalam kegiaan yang digelar di Yeh Gangga Beach Club, Kawasan Pantai Yeh Gangga, Desa Sudimara, Tabanan.

Menariknya, aksi makan ikan kemarin dibarengi dengan budaya ‘megibung’ yang merupakan tradisi khas warga Bali saat makan bersama dalam satu wadah dan sekaligus mengajarkan kepada para siswa akan budaya ‘megibung’ sejak dini.

“Sesuai tema hari ini, kami ajak anak-anak agar lebih senang makan ikan,” tutur Bunda PAUD Desa Sudimara, Ni Made Fitria Dewi.

                                     

Bahan ikan yang disajikan yakni berupa ikan gurami dan ikan laut. Agar lebih menarik dan menimbulkan minat peserta untuk makan ikan, para Bunda PAUD melakukan kreasi olahan makanan ikan dengan membuat dalam bentuk olahan nugget dan lainya.

Hasilnya, dalam waktu tempi 15 menit, puluhan siswa mampu menghabiskan sajian ikan yang dihidangkan.

Mengingat pentingnya protein yan terkandung di dalam ikan, sebelumnya membuat Pemerintah Pusat terus menganjurkan untuk makan ikan. Bahkan melalui Keputusan Presiden (Kepres) Nomor 3 tahun 2014, Presiden Susilo Babang Yudoyono telah menetapkan tanggal 24 Januari 2014 lalu sebagai Hari Ikan Nasional.

Selain memiliki kandungan protein cukup tinggi, potensi ikan di Indonesia sangat melimpah mengingat Indonesia merupakan kawasan laut yang memiliki sumber ikan di dalamnya.

Acara yang digagas guna memperingati hari Ikan Nasional kemarin  juga dibarengi aksi bersih-bersih pantai sekaligus aksi budaya cuci tangan sejak dini. (*/Cia)

 

Komentar