Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Cok Ace Apresiasi Kehadiran Pusat Kreatifitas dan Kebugaran Lansia

Wagub Cok Ace saat membuka secara resmi Hovi Club Senior Care From Finland Miranda Park yang berlokasi di Jalan Teuku Umar, Denpasar, Kamis (7/11). (Is)

DENPASAR - Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati atau yang akrab disapa Cok Ace menyambut positif kehadiran pusat kreatifitas dan kebugaran lansia. Ia berharap, ke depannya akan lebih banyak lagi muncul tempat-tempat sejenis yang mewadahi para lansia.

Hal tersebut dilontarkannya saat membuka secara resmi Hovi Club Senior Care From Finland Miranda Park yang berlokasi di Jalan Teuku Umar, Denpasar, Kamis (7/11/2019).

Menurut Cok Ace, keberadaan lansia membutuhkan perhatian serius sejalan dengan peningkatan jumlahnya.  Hal tersebut merupakan salah satu dampak dari keberhasilan pembangunan kesehatan yaitu peningkatan usia harapan hidup masyarakat.

Berdasarkan data Riskesdas 2007, usia harapan hidup di Indonesia meningkat dari 68,6 tahun pada tahun 2004 menjadi 70,6 tahun pada tahun 2010. Pada tahun 2014 meningkat lagi menjadi 72 tahun. Kondisi tersebut mengakibatkan terjadinya peningkatan jumlah penduduk lansia.

Menurut hasil sensus penduduk tahun 2010 jumlah penduduk lanjut usia Indonesia adalah 18,04 juta jiwa atau 7,6% dari total jumlah penduduk.
Wagub Cok Ace menyebut, salah satu persoalan yang dialami lansia adalah rasa kesepian karena putra putri mereka sibuk mencari nafkah.

Oleh sebab itu, ia menilai keberadaan pusat kebugaran dan kreatifitas seperti ini sangat dibutuhkan khususnya bagi lansia di perkotaan.

"Di tempat ini, para lansia bisa bertemu dengan rekan seusia mereka dan melaksanakan aktifitas sesuai kegemaran mereka," ucapnya.

Lebih dari itu, pihak keluarga akan merasa tenang bila orang tua mereka sudah berada di tempat yang memberi rasa nyaman. Pada bagian lain, ia menyebut keberadaan pusat kebugaran dan kreatifitas akan membuat lansia lebih mandiri.

Ia berharap, pelayanan yang ada dapat mengakomodir kebutuhan dan memberikan ruang bagi lanjut usia untuk dapat mengembangkan ketrampilan dan kemampuan diri sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup mereka.

Sementara itu, Komisaris RS Kasih Ibu Krishna Weda Duarsa menyampaikan, masalah umum yang dihadapi para lansia adalah kesepian. Hal itulah yang mendorongnya membangun sebuah pusat kebugaran dan kreatifitas khusus bagi para lansia. Melalui berbagai fasilitas yang ditawarkan, ia ingin mengajak para lansia di Bali agar lebih aktif.

Pusat kebugaran yang dibangunnya ini merupakan kerjasama Hovi Club Finlandia. Fasilitas yang ditawarkan antara lain kursi relaksasi, ruang karaoke, dance club dan sensory room. Pembukaan pusat kebugaran dan kreatifitas lansia ditandai dengan pengguntingan rangkaian bunga oleh Wagub Cok Ace bersama Dubes Finlandia untuk Indonesia Mr.Jari Sinkari. Wagub Cok Ace sempat mencoba beberapa fasilitas yang ditawarkan saat melakukan peninjauan. (*/Cia)

Komentar