Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Mayoritas Tenaga Pendidik, Pemkot Denpasar Dijatah 364 Formasi CPNS Tahun 2019

Sekda Kota Denpasar, AAN Rai Iswara saat membuka map tentang Formasi CPNS Kota Denpasar di Kantor Walikota Denpasar, Senin (21/10). (Ist)

DENPASAR - Tahapan Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil Tahun 2019 dimulai. Pelaksanaan tahapan ini diawali dengan penetapan Formasi oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB). Pemkot Denpasar sendiri dijatah 364 Formasi CPNS untuk Tahun 2019.

Demikian terungkap saat Pembukaan Berkas Formasi CPNS Tahun 2019 dari Kemenpan RB RI kepada Pemkot Denpasar yang dipimpin Sekda Kota Denpasar, AAN Rai Iswara di Kantor Walikota Denpasar, Senin (21/10).

Hadir dalam kesempatan tersebut Kepala BKPSDM Kota Denpasar, I Wayan Sudiana, Pimpinan OPD, serta instansi terkait di Lingkungan Pemkot Denpasar. Adapun keseluruhan formasi terdiri atas 43 Formasi Tenaga Kesehatan, 117 Formasi Tenaga Teknis, dan 204 Formasi Tenaga Pendidikan.

Dalam kesempatan tersebut Sekda Rai Iswara yang didampingi Kabag Humas dan Protokol Dewa Gede Rai mengatakan terkait dengan dibukanya lowongan CPNS ini pihaknya akan melakukannya dengan transparan dan terbuka sehingga pelaksanaan proses seleksi dapat berjalan dengan baik sesuai aturan yang berlaku. Tentunya seluruh informasi dapat ditanyakan langsung ke BKPSDM Kota Denpasar. sehingga informasi yang didapat masyarakat benar dan sesuai dengan aturan.

“Kami berharap pelaksanaan seleksi CPNS Tahun 2019 ini dapat berjalan sesuai dengan prosedur secara transparan, terbuka, kompetitif serta obyektif guna mewujudkan ASN yang kompeten,” ujar Rai Iswara.  Seraya menambahkan  yang terpenting dalam hal ini adalah bagaimana insan Pers dapat membantu kita untuk menginformasikan yang dibingkai dengan pengawalan sehingga hal ini bisa berjalan dengan sebaik-baiknya. "Tanpa peran media kegiatan ini mustahil bisa berjalan dengan baik, oleh sebab itu kami titip kepada media untuk menginformasikan kepada masyarakat luas,” tambahnya.

Kepala BKPSDM Kota Denpasar, I Wayan Sudiana menjelaskan bahwa pelaksanaan seleksi CPNS Tahun 2019 ini pada prinsipnya mengedepankan sistem seleksi yang kompetitif, terbuka, transparan, obyektif dan tidak dipungut biaya. Kendati formasi telah ditetapkan, jadwal resmi pendaftaran dan tahap selanjutnya masih menunggu Juknis dan Juklak dari Kemenpan RB serta Dasar Hukum Permenpan RB.

“Saat ini kami hanya mengumumkan formasi sesuai dengan Surat Kemenpan RB dan untuk tahapan selanjutnya akan diumumkan kembali setelah ada Juknis dan Juklak serta Permenpan RB,” ujar Sudiana.

Lebih lanjut dijelaskan bahwa Formasi CPNSTahun 2019 ini sedianya dibagi dua yakni Formasi Umum dan Formasi Khusus. Dimana Formasi Khusus diperuntukan untuk lulusan terbaik, Diaspora, Putra Papua, dan Disabilitas yang formasinya ditentukan Pemerintah Pusat.

Kendati demikian untuk jadwal pembukaan lowongan diperkirakan akan dilaksanakan 25 Oktober 2019, Pendaftaran Dimulai Bulan November 2019, Seleksi Administrasi dan Pengumuman Administrasi pada Desember 2019. Setelah itu juga ada Masa Sanggah hingga Januari 2010. Adapun Pemkot Denpasar mendapat jatah Fromasi CPNS sebanyak 364 orang dari 459 formasi yang diusulkan sebelumnya.  (*/Cia).

Komentar