Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

SMPN 1 dan SD Islam Tabanan Dinilai Tim PKTP Provinsi Bali

Tim Penilai Lomba PKTP Provinis Bali saat melakukan penilaian di SMPN 1 Tabanan (Foto: ist/hms)

TABANAN - Tim Penilain Lomba Penanggulangan Kanker Terpadu Paripurna (PKTP) tingkat Provinsi Bali 2019 menilai dua Duta Tabanan yakni SMPN 1 Tabanan dan SD Islam Tabanan yang dipusatkan  di SMPN 1 Tabanan, Jumat (27/9) .

Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti yang  diwakili Staf Ahli Bidang Pembangunan I Ketut Subrata dalam sambutannya mengatakan  mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh YKI dimana hal ini dilakukan untuk membantu Pemerintah Kabupaten Tabanan dalam penanggulangan Kanker melalui deteksi dini, penyuluhan, paduan suara/koor, kesenian tentang kanker yang menyasar siswa-siswi SD, SMP dan kader-kader PKK Desa di Kabupaten Tabanan.

Menurut Bupati Tabanan,  mewujudkan Tabanan Serasi bukan hanya menjadi tanggung jawab Pemerintah Kabupaten Tabanan, YKI Cabang Tabanan beserta seluruh jajarannya agar terus berbuat dengan mengupayakan masyarakat peduli kanker. Saya percaya bahwa YKI Cabang Tabanan akan mampu mewujudkan masyarakat Tabanan yang sehat dan Pemerintah Daerah akan mendukung sesuai kemampuan dan fasilitas yang ada.

Sebelumnya,  Wakil Ketua YKI Tabanan Luh Gede Sukardiasih dalam laporannya mengatakan,  bahwa tujuan dari PKTP program Sekolah di Tabanan ini adalah untuk menanamkan pemahaman tentang pola hidup sehat dan menyebar luaskan pada lingkungan Sekolah untuk menimbulkan kesadaran melakukan deteksi dini dan berprilaku hidup sehat menghindari kanker sedini mungkin sehingga sangat sesuai dengan visi misi YKI Cabang Bali dan Pemerintah Kabupaten Tabanan.

Dijelaskan,  berbagai kegiatan dilakukan serangkaian Lomba PKTP 2019 ini, diantaranya, pelayanan IVA Gratis, Penyuluhan dan Sosialisasi serta deteksi dini di sepuluh kecamatan di Tabanan yang telah dilaksanakan mulai tanggal 3 sampai dengan 25 September 2019, dan mengadakan pembinaan PKTP tingkat Kabupaten ke sepuluh SD dan SMP duta masing-masing Kecamatan di Tabanan yang dilaksanakan mulai tanggal 7 sampai dengan 18 September 2019, jelas pihaknya

Sementara itu, Ketua YKI Cabang Bali yang dalam sambutannya yang dibacakan oleh Tjokorda Gde Dharmayuda mengatakan bahwa lomba ini sangat penting dilakukan setiap tahunnya dalam rangka berkesinambungannya penanggulangan penyakit kanker di Bali. “YKI sebagai mitra Pemerintah dalam penanggulangan penyakit kanker akan terus berkomitmen melaksanakan program PKTP sebagai program unggulan dalam upaya menekan kejadian penyakit kanker,” ungkapnya.

Ditambahkan, dari berbagai laporan menyatakan bahwa angka kejadian penyakit kanker terus meningkat setiap tahun yang diakibatkan oleh berbagai hal terutama adalah pola hidup masyarakat masa kini. Selain itu faktor lingkungan dijelaskannya sangat dominan sebagai faktor penyebab penyakit kanker, dan hal ini bisa dicegah melalui deteksi dini yang salah satunya dengan cara memperhatikan kesehatan dan sadar akan pentingnya kesehatan bagi masyarakat.

“Oleh karena berbagai hal tersebut, maka upaya Penanggulangan Kanker Terpadu Paripurna (PKTP) program Sekolah ini menjadi program unggulan dari YKI di daerah Bali. Diharapkan melalui anak-anak Sekolah dapat menjadi agen perubahan di lingkungannya, terutama di keluarga,” pungkasnya. (Dim/Cia)

Komentar