Ritual Permohonan Api Suci Porprov Bali XIV Digelar di Pura Luhur Batu Panas

Bupati Tabanan, Ni Putu Eka Wiryastuti saat menerima Api Suci Porprov XIV 2019 dari Gubernur Bali, diwakili Plt. Kadis Kepemudaan dan Olahraga Bali, I Made Rentin kemudian diserahkan kepada Ketua Panitia Induk Porprov Bali, I Komang Gede Sanjaya di kawasan Pura Luhur Batu Panas. Penebel, Tabanan, Kamis (5/9). (Ist)

TABANAN – Sebuah ritual ‘Mapekeling’ atau permohonan api suci digelar Pemkab Tabanan di Pura Luhur Batu Panas, Belulang, Mengesta, Penebel, Tabanan. Ritual ini diawali dengan prosesi pembersihan dan pebiyakaonan oleh Pedanda dari Grya Timpag yang diikuti oleh Panitia Pelaksana Porprov XIV beserta para atlet Kabupaten Tabanan. Kamis (5/9).

Usai prosesi, Gubernur Bali yang diwakili Plt. Kadis Kepemudaan dan Olahraga Prov. Bali, I Made Rentin  melakukan penyulutan Api Suci lalu diserahkan kepada Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti, dilanjutkan kepada Ketua Panitia Induk Porprov Bali, I Komang Gede Sanjaya.

Menurut agenda, Api Suci Porprov XIV 2019 ini selanjutnya akan diarak berkeliling ke sejumlah kecamatan di Tabanan. Sejumlah route akan dilalui dengan mengambil route Kedampal-Mengesta-Jatiluwih-Senganan-Apuan-Pinge-Marga-Belayu-Kukuh-Kediri-Pandak-Beraban -Bengkel-Pejaten-Bongan-Sudimara-Seronga-Penyalin dan terakhir di Gedung Kesenian I Ketut Maria. Api suci ini selanjutnya akan dibawa oleh regu pelari ke Kantor Bupati Tabanan untuk disemayamkan.

Ketua Panitia Induk Porprov Bali XIV, I Komang Gede Sanjaya mengungkapkan bahwa Api Obor merupakan sejarah dan sejak jaman Yunani kuno telah dipergunakan sebagai pembukaan kegiatan olympiade pertama di muka bumi. Sampai saat ini, ungkapnya, telah menjadi tradisi dalam setiap kegiatan atau event olahraga.

Api suci sendiri dimaknai sebagai perlambang Dewa Zeus dimana api suci itu dikatakan dicuri dari api abadi Dewa Zeus shingga selalu dinyalakan dalam altar sebagai penghormatan kepada Dewa Zeus.

“Namun dijaman modern ini, Api Suci dalam setiap event olahraga menunjukkan kobaran semangat dalam menyambut pesta olahraga, termasuk Pekan Olahraga Provinsi Bali ke XIV tahun 2019 yang dilaksanakan di Kabupaten Tabanan,” ungkap Sanjaya sekaligus Wakil Bupati Tabanan ini.

Dijelaskan, Pura Luhur Batu Panes dipilih sebagai tempat permohonan Api Suci karena pertimbangan filosofis dan tatanan bahwa Pura ini adalah Pura yang memiliki  atau mempunyai hubungan dengan Pura Batukau, sehingga sangat pas dan tepat dilakukan di Pura tersebut untuk membangkitkan rasa persaudaraan.

“Kita harapkan kesucian, semangatdan energi penyulutan Api Suci Porprov ini akan membangkitkan rasa persaudaraan serta persatuan, sehingga event olahraga ini terlaksana lebih bermartabat sesuai dengan jiwa sportivitas olahraga,” tambahnya.

Bupati Tabanan, Ni Putu Eka Wiryastuti dalam kesempatan tersebut menambahkan bahwa Kabupaten Tabanan tidak hanya kaya akan alam, namun juga kaya akan Pura Kahyangan Jagat. Dan baginya, ini merupakan suatu hal yang sifatnya sangat spiritual.

“Karena dalam api Porprov ini kita lakukan di Pura yang kita banggakan, dimana ini merupakan ciri bahwa semangat dari api ini akan memberikan kemenangan untuk kita semua dan mempersatukan kita dalam dunia olahraga untuk memajukan Bangsa kita, Tanah Air Kita, khususnya program yang sudah kita jalankan selama ini,” tegasnya.

Tak lupa Eka juga berharap melalui event Porprov ini, Tabanan bisa menguasai semua event olahraga selaku tuan rumah sekaligus ada prestasi dari generasi muda karena menurutnya membangun generasi juga dilakukan lewat sarana olah raga yang berarti membangun masa depan bangsa dari dunia olah raga.

“Dengan hasil yang baik tentunya juga akan membawa nama yang baik untuk kita di Tabanan,” ucap Bupati asal Tegeh Angseri ini.

Dilain pihak, Plt. Kadis Kepemudaan dan Olahraga Pro. Bali, I Made Rentin menyatakan apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Bupati Eka beserta Panitia Induk Porprov Bali ke XIV tahun 2019 atas persiapan yang telah dilakukan, sehingga rangkaian Porprov Bali yang dimulai hari ini dengan pengambilan Api Suci dapat terlaksana sesuai rencana.

“Saya mengucapkan terimakasih atas kerja keras dalam persiapan yang telah dialakukan. Saya yakin dengan semangat kebersamaan dan dukungan seluruh komponen masyarakat Kabupaten Tabanan, seluruh rangkaian Porprov Bali tahun ini akan berlangsung dengan sukses,” paparnya. (*/Cia)

Komentar