Permudah Pelayanan, Dishub Tabanan Lengkapi Diri dengan Alat Uji Emisi Kendaraan

foto : Ist

TABANAN - Dinas Perhubungan (Dishub) Tabanan terus berbenah dalam pelayanan kepada masyarakat. Sejumlah alat dipersiapkan guna menunjang Unit Pelaksana Uji Berkala Kendaraan Bermotor (UPUBKB). Tujuannya yakni semakin memudahkan dalam proses uji kelaikan kendaraan bermotor sesuai standart yang ditetapkan.

Sejumlah alat uji tersebut diantaranya smoke taster atau alat uji emisi kendaraan berbahan solar dan test analyzer atau alat uji emisi berbahan premium.

“Kami harapkan adanya kedua alat ini akan semakin memudahkan pelayanan kepada masyarakat yang ingin melakukan uji kelayakan kendaraan bermotor,” ujar Kadishub Tabanan, I Made Agus Hartawiguna saat dihubungi kemarin.

                                

Selain menunjang proses uji kendaraan, ungkap Agus, kedua alat ini merupakan aturan yang harus ada dalam korelasinya guna memenuhi alat standar saat uji emisi kendaraan. 

Dua alat uji lainnya juga telah diadakan yakni berupa high light atau alat pengecekan lampu depan kendaraan bermotor dan alat side slip atau alat uji penyimpangan roda depan.  

Ke 4 (empat) alat ini sudah terpasang dan telah  beroperasi dengan baik dan telah digunakan sebagai alat uji kendaraan bermotor.

                                

“Sebelumnya hasilnya kurang maksimal karena  kami belum memilikinya dan ini merupakan alat standart dengan akurasi cukup tinggi,” tambahnya.

Ke depan, secara bertahap  dengan alat uji yang dikelola oleh Dishub Tabanan juga diharapkan bisa terakreditasi dan terkalibrasi sesuai harapan. (*/Cia)

Komentar