Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Denpasar Pertegas Kerjasama Sister City Dengan Kota Mossel Bay

Pembahasan kerjasama Sister City dengan Kota Mossel Bay yang dihadiri Konjen RI Cape Town Afrika Selatan, Krishna Adi Poetranto diterima Asisten Administrasi Umum, IGN Eddy Mulya di Ruang Pertemuan Praja Madya kantor Walikota Denpasar Kamis (22/8). Foto : Ist

DENPASAR - Memorandum saling pengertian antara Pemerintah Kota Denpasar dengan Pemerintah Kota Mossel Bay Afrika Selatan mengenai pembentukan kerjasama kembali di pertegas pada Kamis (22/8).

Pertegas kerjasama kedua kota ini dijajagi Konjen RI Cape Town Afrika Selatan, Krishna Adi Poetranto saat berkunjung ke Pemkot Denpasar yang diterima Asisten Administrasi Umum, IGN Eddy Mulya di Ruang Pertemuan Praja Madya kantor Walikota Denpasar. Dalam pertemuan tersebut membahas secara teknis pelaksanaan penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) kedua Kota yang meliputi Budaya dan promosi pariwisata, pengembangan ekonomi kreatif dan peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia.

Hadir dalam kesempatan tersebut Kabag Kerjasama Setda Kota Denpasar,  Laxmy Saraswati,   Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Ida Bagus Benny Pidada Rurus dan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Ni Nyoman Sri Utari, serta OPD terkait. Asisten Administrasi Umum, IGN Eddy Mulya mengatakan bahwa komitmen kerjasama kedua kota ini telah dilakukan.

Hal ini berkaitan dengan Kerjasama dan kemitraan yang telah dilakukan kunjungan balasan. Memorandum saling perngertian kedua kota ini mengakui adanya hubungan persahabatan dan kerja sama yang erat antara Republik Indonesia dan Republik Afrika Selatan. Mencatat pada pernyataan kehendak antara Pemkot Denpasar dan Pemkot Mossel Bay Provinsi Western Cape Republik Afrika Selatan mengenai pembentukan kerjasama kota bersaudara yang ditandatangani pada tanggal 15 oktober 2018 tahun lalu.

Langkah kerjasama ini berkeinginan untuk meningkatkan hubungan persahabatan dan kerja sama diantara para pihak melalui pembentukan hubungan antarpemerintah dan antarmasyarakat. Hal ini juga mempertimbangkan pentingnya prinsip kesetaraan dan saling menguntungkan serta sesuai dengan hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku dimasing-masing negara dan telah menyetujui beberapa hal. Meliputi kesepakatan ruang lingkup budaya dan promosi pariwisata, pengembangan ekonomi kreatif dan peningkatan kapasitas sumber daya manusia.

“Perjalanan rencana MoU Kota Denpasar dengan Kota Mossel Bay lewat kunjungan delegasi Mossel Bay di Graha Sewaka Dharma Lumintang tahun lalu di Sewaka Dharma diterima Walikota Denpasar, I.B rai Dharmwijaya Mantra yang difasilitasi Konsulat Jenderal RI di Cape Town,” ujarnya.

Menindaklanjuti ini pihaknya juga segera membentuk kelompok kerjasa bersama untuk merencanakan menyiapkan dan merekomendasikan program serta mengawasi dan mengevaluasi perkembangan kerjasama ini. Kelompok kerja bersama akan bertemu setiap tahun atau sebagaimana disepakati serta dokumen-dokumen wajib dipertukarkan sebagai penggantian pertemuan.

“Pertemuan kali ini yang juga dijajagi Konjen RI Cape Town Afrika Selatan, Krishna Adi Poetranto dapat mempertegas langkah kedepan terkait teknis mencakup ruang lingkup kerja sama,” ujarnya. (*/Cia)

Komentar