Hadiri Pembinaan dan Pelatihan Pemangku, Wabup Sanjaya harapkan Meningkatnya Srada Bhakti

Wabup Tabanan, I Komang Gede Sanjaya didampingi Camat Selemadeg Barat, I Gede Ketut Suyana Putra, menghadiri pembinaan dan pelatihan Pesraman Kanti Bhuana Desa Pekraman Wanayu, Desa Angkah, Kecamatan Selemadeg Barat, Rabu (7/8) pagi. Foto : Ist

TABANAN - Wakil Bupati Tabanan, I Komang Gede  Sanjaya, didampingi Camat Selemadeg Barat, I Gede Ketut Suyana Putra, menghadiri pembinaan dan pelatihan Pesraman Kanti Bhuana Desa Pekraman Wanayu, Desa Angkah, Kecamatan Selemadeg Barat, Rabu (7/8) pagi.

Digelarnya kegiatan ini, bertujuan untuk meningkatkan sradha bhakti kehadapan Ida Sang Hyang Widhi Wasa, mengingat di jaman era globalisasi ini sangat riskan terjadinya keterkikisan mental dan nilai-nilai luhur yang telah ada sejak dulu kala.Kegiatan yang dilaksanakan rutin setiap tahun sekali ini, jugs sebagai upaya untuk memberikan bekal kemampuan kepada masyarakat.

“Kegiatan ini diharapkan meningkatkan srada dan bhakti umat kepada Ida Sang Hyang Widhi Wasa, menyamakan persepsi, pemahaman serta mampu menambah pengetahuan serta ketrampilan sehingga nantinya dapat di kembangkan dalam kehidupan sehari-hari,” jelas Nyoman Sukaariasa selaku ketua Panitia.

Sukaariasa mengatakan kegiatan ini mengambil tema  ‘melalui pesraman Kanti Bhuana Desa Pekraman Wanayu taun 2019 kita tingkatkan pemahaman serta ketrampilan pemangku dalam pelaksanaan Upakara dan Upacara’. Pesraman yang akan berlangsung dari tanggal 7 Agustus-14 Agustus 2019 kedepan diikuti sebanyak 50 orang, dan pada acara pembukaan ini mendatangkan narasumber yang ahli dibidangnya, yakni, Ida Pandita Mpu Nabe Jaya Acharya Nanda.

Sementara Wabup Sanjaya sangat mengapresiasi kegiatan yang diselenggarakan Desa Pekraman Wanayu, mengingat pesraman merupakan sebuah wadah untuk memberikan suatu pencerahan mengenai berbagai hal bagaimana tupoksi seorang pemangku. Tidak hanya itu disini kita juga dapat mempelajari serta mendapat  pengetahuan tentang Agama Hindu yang baik dan benar berpedoman pada sastra.

“Harapan Saya, kedepan pesraman-pesraman yang ada di Tabanan dapat  memberikan pemahaman yang baik dan benar yang sesuai dengan ajaran Agama Hindu yang berpedoman pada sastra,” ungkap Sanjaya.

Sebelum mengakhiri kunjungannya, Wabup Sanjaya saat itu melakukan sesi photo bersama dengan warga setempat atau peserta pesraman. Selanjutnya bercengkrama dan bersalaman dengan krama adat, sekaligus Wabup Sanjaya mohon pamit untuk selanjutnya menghadiri acara lainnyaditengah padatnya kegiatan yang beliau agendakan. (Dim/Cia)

Komentar