Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Pemkab Tabanan Gelar Festival Pangan Lokal

Sejumlah pejabat mengunjungi stand pameran pangan lokal (foto: ist/Hms)

TABANAN – Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten Tabanan, AA. Dalem Tresna Ngurah mewakili Bupati Tabanan membuka  Festival Pangan Lokal B2SA ‘Beragam Bergizi Seimbang dan Aman’,  di Gedung Kesenian I Ketut Maria, Tabanan, Rabu (7/8).

Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti dalam sambutannya yang dibacakan Dalem Tresna mengemukakan,  kegiatan ini sangatlah penting diadakan di Kabupaten Tabanan, sebagai bahan untuk memacu kreatifas dan memotivasi masyarakat untuk mengkomsumsi pangan lokal yang mengandung gizi berimbang.

“Momentum ini Saya anggap sangat penting untuk mendukung terciptanya keseimbangan pangan guna meningkatkan seumber daya manusia yang berkualitas dan mengajak masyarakat Tabanan mengkomsumsi makanan yang mengandung gizi yang berimbang,” paparnya.

Menurut Bupati Tabanan, hal ini sangat selaras dengan visi dan misi Kabupaten Tabanan yakni Tabanan yang Serasi, Sejahtera, Aman dan Berprestasi. Disisi lain dikatakannya saat ini rawan terjadinya penyempitan lahan pertanian, penduduk yang bertambah dan kebutuhan pangan semakin meningkat mengharuskan masyarakat semakin kreatif dan berinovasi dengan pangan lokal.

“Hari ini saat yang tepat dan sesuai dengan visi misi Kabupaten Tabanan yakni Tabanan Serasi. Saat adanya penyempitan lahan pertanian, penduduk yang semakin bertambah kebutuhan masyarakat pangan semakin meningkat. Dengan mengoptimlakan lahan pertanian, akan menjadikan masyarakat mandiri pangan, dengan slogan panganku beragam, bergizi dan berimbang,” tambah bupati.

Sebelumnya Sekretaris Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Tabanan I Made Suganda melaporkan, Kegiatan ini merupakan agenda Nasional dimana setiap tahun dilaksanakan dari tingkat Kabupaten, Provinsi dan Nasional.

"Tujuannya adalah untuk meningkatkan pemahaman masyarakat dalam penerapan keberagaman pangan, bergizi dan seimbang dengan memanfaatkan olahan pangan lokal untuk mendorong kreatifitas serta memotivasi masyarakat dalam pengembangan olahan lokal yang mempunyai nilai komersial," katanya

Disebutkan, agar masyarakat lebih terpacu, kegiatan ini juga memperebutkan hadiah total berupa uang tunai sebesar Rp. 6 juta sekaligus piagam penghargaan dan piala. Juara I, mendapatkan Rp. 3 Juta dan piala, Juara II sebesar Rp. 2 Juta dan piala, serta juara III mendapatkan sebesar Rp. 1 juta beserta piala

Turut hadir saat itu, Perwakilan Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Bali, I Nyoman Rupa selaku Kabid Konsumsi dan Keamanan Pangan, OPD terkait di lingkungan Pemkab Tabanan, Ketua Tim Penggerak PKK Tabanan, serta unsur terkait. (Dim/Cia)

Komentar