PKK Kota Denpasar Ajak 700 Lansia Tirta Yatra

Tim Penggerak PKK Kota Denpasar Ny. Selly Dharmawijaya Mantra bersama Wakil Ketua Ny. Antari Jaya Negara dan Ny. Kerti Rai Iswara tirta yatra bersama lansia di Pura Tirta Empul dan Pura Pegulingan Tampak Siring Gianyar Senin (5/8). Foto : Ist

DENPASAR - Pemerintah Kota (Pemkot) Denpasar melalui Tim Penggerak PKK Kota Denpasar  mengajak 700 lansia Tirta Yatra ke Pura Tirta Empul dan Pura Pegulingan Tampak Siring, Gianyar Senin (5/8).

Acara yang dilaksanakan sebagai wujud perhatian terhadap Lansia ini dipimpin langsung Ketua Tim Penggerak PKK Kota Denpasar Ny. Selly Dharmawijaya Mantra bersama Wakil Ketua Ny. Antari Jaya Negara dan Ny. Kerti Rai Iswara.

Dalam kesempatan tersebut Ny.Selly mengatakan, Tirta Yatra ini rutin dilaksanakan setiap tahun usai diselenggarakan Posyandu Paripurna yang dilaksanakan di 8 lokasi di seluruh kemacatan yang ada di Denpasar.

Menurutnya tirta yatra ini merupakan hari pertama yang di ikuti lansia Kecamatan Denpasar Selatan dan Denpasar Barat. Untuk tirta yatra bagi lansia Kecamatan Denpasar Utara dan Timur akan berlangsung besok yakni Selasa 6 Agustus 2019.

Lebih lanjut Ny.Selly mengatakan, pihaknya tidak hanya memperhatikan kesehatan secara fisik juga memperhatikan kesehatan lansia secara rohani melalui metirta yatra ini. "Kita tidak hanya memperhatikan kesehatan lansia hanya secara fisik saja namun  juga memperhatikan kesehatan secara rohani dengan melakukan tirta yatra," ujar Ny. Selly.

Melalui metirta yatra ini diharapkan dapat meningkatkan kegiatan spritual khususnya para lansia. Ny. Selly menambahkan meski dalam usia lanjut diharapkan para lansia dapat berperan dalam mengisi pembangunan di Kota Denpasar.

Sedangkan untuk kegiatan fisik lansia  pihaknya telah melaksanakan posyandu lansia secara rutin ditiap tiap banjar.   Minimal melalui kegiatan ini dapat terus menjaga kesehatan masing-masing lansia dengan aktif mengikuti setiap kegiatan posyandu.

"Itu sangat penting karena dalam posyandu mendapatkan pelayanan kesehatan dasar yang menyasar ibu hamil, balita, ibu menyusui termasuk juga para lansia," jelasnya. 

Salah satu lansia Ketut Tirta mengatakan program yang dilaksanakan PKK Kota Denpasar sangat baik sekali.  Hal Ini menandakan Pemkot Denpasar memperhatikan tingkat kesejahteraan masyarakat termasuk para lansia. "Kegiatan ini sangat bagus sebagai bentuk perhatian Pemkot kepada Para Lansia," ujarnya.

Untuk itu ia berharap kegiatan  ini tidak sampai berhenti karena ini sangat dirasakan masyarakat khususnya lansia. Dengan dilaksanakan kegiatan posyandu dan metirtayatra ia mengaku dapat berkumpul sesama lansia sehingga tidak merasa jenuh di masa-masa tuanya. (*/Cia)

Komentar