Pemkab Tabanan Gelar Gebyar Panutan Pembayaran PBB-P2

Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti melakukan pembayaran pajak saat acara Gebyar Panutan Pembayaran PBB-P2 (Foto: Ist/hms)

TABANAN - Pemerintah Kabupaten Tabanan melalui Badan Keuangan Daerah Kabupaten Tabanan kembali menggelar Kegiatan Gebyar Panutan Pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2) di Gedung Kesenian Ketut Maria, Jumat, (14/06/19).

Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti saat membuka kegiatan tersebut dalam sambutannya memberikan apresiasi  dan ucapan terimakasihnya kepada wajib Pajak yang taat melaksanakan kewajiban membayar pajaknya. “Untuk itu, melalui kegiatan ini kami mengajak para Pejabat, Pengusaha, Para ASN beserta masyarakat umum selaku wajib Pajak untuk taat membayar pajak sebagai salah satu sumber Pendapatan Asli Daerah ,” katanya.

Pada kesempatan tersebut Bupati Eka mengharapkan  agar pengelolaan Pajak berorientasi pada peningkatan pendapatan, obyek pajak yang cukup potensial dibilangnya perlu didata dan dinilai kembali sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Dan disinggungnya perlu adanya tim khusus untuk melancarkan kegiatan tersebut, termasuk melibatkan seluruh stakeholder di Pemkab Tabanan, mulai tingkat atas sampai tingkat paling bawah.

“Upaya optimalisasi penerimaan dari sektor Pajak senantiasa perlu terus dilakukan guna memenuhi kebutuhan anggaran Daerah, khususnya untuk pembangunan infrastruktur dan pemenuhan jaminan sosial yang perlu banyak mendapat perhatian dan seluruhnya diarahkan untuk mencapai visi Tabanan yang Sejahtera, Aman dan Berprestasi,” paparnya..

Kepala Badan Keuangan Daerah (Bakeuda) Kabupaten Tabanan Dewa Ayu Sri Budiarti dalam laporannya  mengatakan  tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kepatuhan dan memberikan motivasi kepada wajib pajak guna memenuhi kewajiban perpajakannya.

"Selain itu, kegiatan ini juga dilakukan dalam rangka mengoptimalkan penerimaan Pendapatan Asli Daerah dari sektor Pajak, khususnya PBB-P2," katanya.

Menurut Kepala Bakeuda Tabanan, selama kurun waktu enam tahun sejak diserahkan kepada daerah, realisasi penerimaan PBB-P2 selalu melampaui target yang ditetapkan. "Pencapaian yang cukup menggembirakan ini tentu berkat upaya dan peran serta dari semua pihak secara langsung maupun tidak langsung," katanya.

Disebutkan, tempat pembayaran PBB-P2 bisa dilakukan di BPD Bali atau  tempat lainnya yang telah mempunyai link dengan Bank BPD Bali seperti, LPD, Koperasi, Bumdes, PT. POS Indonesia, dan masih banyak lagi.

“Khusus bagi wilayah-wilayah yang belum memiliki akses pembayaran terdekat, Pelayanan dan Pemungutan secara langsung masih dimungkinkan dengan menggunakan mobil keliling bekerjasama dengan Bank BPD Bali atas dasar Permohonan Perbekel setempat," paparnya.

Pada kegiatan tersebut juga dilakukan pemberian Doorprize kepada wajib pajak perorangan yang telah memenuhi kewajiban pembayaran PBB-P2 yang hadir di Gedung Maria.

Selain itu, juga dilaksanakan penyerahan penghargaan wajib pajak Hotel dan Restoran terbaik dari Bupati Tabanan. Diantaranya, terbaik pertama yaitu Hotel Soori Bali, mendapatkan piagam penghargaan dan satu unit sepeda gunung. Terbaik kedua PT. Natura Mandiri, mendapat piagam penghargaan dan dispenser. Dan terbaik ketiga PT. Fast Pood Indonesia (KFC Tabanan) mendapat piagam penghargaan dan kompor gas. (Dim/Cia)

Komentar