Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Presiden Jokowi Apresiasi Prestasi Internasional Siswa SMPN 3 Denpasar

Siswi SMPN 3 Denpasar, Ni Made Galuh Cakrawati Dharma Wijaya saat bertatap muka dengan Presiden RI, Joko Widodo di Taman Kumbasari, Tukad Badung, Sabtu (18/5). Foto : Ist

DENPASAR - Mengunjungi Pasar Rakyat Pasar Badung dan Taman Kumbesari Tukad Badung Kota Denpasar, Presiden RI, Ir. H. Joko Widodo berkesempatan bertatap muka dengan Ni Made Galuh Cakrawati Dharma Wijaya siswa SMP N 3 Denpasar, Sabtu (18/5). Prestasi yang diraih salah satu siswa berprestasi Denpasar ini tidak saja diajang Nasional tapi juga mampu menumbus prestasi ditingkat Internasional dengan berbagai penemuan karya ilmiahnya.

Dalam pertemuan bersama galuh di Taman Kumbesari tersebut Jokowi yang hadir bersama Menteri Kabinet kerja mengucapkan selamat kepada Galuh atas prestasi yang telah diraih.  Didampingi Walikota Denpasar, I.B Rai Dharmawijaya Mantra, Wakil Walikota I GN Jaya Negara beserta OPD terkait Pemkot Denpasar Jokowi juga berkesempatan menanyakan karya-karya ilmiah Galuh yang telah berhasil meraih prestasi Internasional.

Sementara Galuh mengatakan pertemuan dengan Presiden Joko Widodo menjadi kesempatan yang luar biasa untuk dapat bercengkrama dan menyampaikan keberhasilan dalam meraih prestasi ditingkat Internasional. Terkait dengan karya ilmiah yang telah mampu dikompetisikan menurut Galuh salah satunya penelitiannya pada tahun 2019 menampilkan penelitian tentang daun ketapang menjadi bodi kapal laut.

Karya penelitiannya ini mengikuti kompetisi dalam ajang Thailand Inventors Day 2019 yang diadakan di Bangkok International Trade and Exhibition Center (BITEX) Bangkok Thailand. Dari karya ini Galuh mengaku berhasil meraih penghargaan Gold Medal at TID, Thailand serta Bronze Medal at TID, Thailand 2019. Ide penelitian ini menurut Galuh di dapat dari riset di internet yang terungkap bahwa daun ketapang bisa dijadikan bodi kapal laut. Disamping itu penelitian ini ditemukan karena melihat fenomena bahwa bodi kapal laut di Indonesia banyak diimpor dari luar negeri.

 Pada Tahun 2017 menurut Galuh lewat karya ilmiah body kendaraan bermotor dari sampah daun tanaman ketapang berhasil meraih Gold Medal at WICO, Korea. Disamping itu karya ilmiahnya juga meneliti sampah daun ketapang dan jerami padi dapat menjadi rompi antipeluru dan berhassil meraih medali perak di ajang Japan Design International Expo 2017 di Jepang.

Berlanjut ditahun 2018 dengan beberapa prestasi Internasional diantaranya  prestasi Gold Medal at MTE, Malaysia, dan Gold Medal at WICO Korea. “Persasaan saya sangat senang dan bangga bertemu dengan Presiden RI Joko Widodo, bisa bercerita tentang prestasi yang sempat saya peroleh selama ini,” ujarnya. (*/Cia).

Komentar