Porjar Kabupaten Karangasem 2019 Resmi Dibuka

Pelepasan balon dan burung tandai dimulainya Porjar Karangasem 2019. Jumat (26/4). Foto : ist

KARANGASEM - Pekan Olahraga Pelajar (Porjar) tahun 2019 Kabupaten Karangasem secara resmi dibuka di Lapangan Tanah Aron, Jumat (26/4). Pembukaan oleh Staf Ahli  Bupati Karangasem I Nengah Toya, mewakili Bupati Karangasem IGA Mas Sumatri.

Acara pembukaan juga dimeriahkan dengan penampilan Marching Band dari SMP N 2 Amlapura yang diikuti kontingen olahraga dari masing-masing Kecamatan secara parade.

Ketua Panitia Porjar Kabupaten Karangasem tahun 2019, I Gusti Ngurah Kartika dibacakan oleh Sekretaris panitia I Putu Susila menyampaikan,  Porjar ini bertujuan mengadakan evaluasi kegiatan olahraga untuk meningkatkan prestasi sekolah. Selain itu, tujuan lainnya untuk menjaring atlet-atlet potensial yang siap untuk diterjunkan ke event yang lebih tinggi.

Porjar Kabupaten Karangasem tahun ini diikuti oleh delapan Kontingen Kecamatan   sebanyak 1.600. Terdiri dari Kec. Karangasem       275 orang, Kec. Abang 200 orang, Kec. Kubu 250 orang, Kec. Bebandem 175 orang ,Kec. Selat 175 orang, Kec. Sidemen               150 orang, Kec. Rendang 150 orang, Kec. Manggis 225 orang.

Cabang olahraga yang dipertandingkan dalam Porjar Kab.Karangasem tahun 2019 yaitu, atletik,pencak silat,bulutangkis,tenis meja,bola volley  ,catur,panjat tebing dan karate. Jumlah medali yang diperebutkan dalam PORJAR Tingkat Kabupaten Karangasem Tahun 2019 ,225 medali Emas,225 medali Perak dan 330 medali Perunggu.

"Dapat kami laporkan juga, pelaksanaan Porjar ini berlangsung selama tiga hari yaitu dari tanggal 26 April hingga 1 Mei dan akan dipusatkan di GOR Gunung Agung Amlapura, Stadion Amlapura,  PB Artha Graha Kastala - Bebandem serta Sekolah-sekolah di Lingkungan Kota Amlapura," imbuhnya.

Bupati Karangasem dalam sambutannya yang dibacakan Toya, meminta para atlet memanfaatkan moment tersebut untuk mengasah bakat dan kemampuannya. PORJAR merupakan event  yang sangat penting bagi para generasi muda. Selain sebagai wahana bagi para atlet muda untuk berlomba meraih prestasi juga sebagai sarana pembibitan atlet. 

Untuk dapat mewujudkan dan menciptakan atlet berprestasi, harus melewati seleksi yang ketat dari satu jenjang ke jenjang yang lebih tinggi. Dengan cara demikian atlet yang berlaga di Kabupaten Karangasem merupakan duta-duta terbaik bagi Kecamatannya masing-masing.

"Bagi para atlet, ujian sesungguhnya untuk berkompetisi sudah ada di depan kalian, berikan yang terbaik dari kemampuan yang kalian miliki dan pergunakan kesempatan ini untuk membuktikan bahwa kalianlah yang terbaik. Bersiaplah untuk menyongsong perhelatan yang lebih besar dan bergengsi di tingkat Provinsi yaitu PORJAR Provinsi Bali yang dilaksanakan pada akhir bulan Mei 2019 ini," ucapnya. 

Pemkab Karangasem menargetkan,Kontingen Kabupaten Karangasem dalam event PORJAR Provinsi Bali harus memperbaiki peringkat perolehan medali satu tingkat lebih tinggi dari peringkat tahun lalu menjadi PERINGKAT ke-6 dalam klasemen akhir perolehan medali PORJAR Provinsi Bali tahun 2019.

Pembukaan  Porjar ditandai dengan pelepasan balon udara oleh Staf Ahli didampingi perwakilan Dandim 1623 Karangasem, perwakilan Kajari serta para Kepala Forum Koordinasi Pimpinan Daeah Kab.Karangasem. Dalam kesempatan tersebut dilakukan pembacaan janji atlit dan janji wasit/juri oleh masing-masing perwakilan atlit dan juri Porjar Karangasem. (*/Cia)

Komentar