Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Bawa Surat C6 ke TPS, Hidayat Diinterogasi Panwas

Saiful Hidayat saat dinterogasi petugas di TPS 32 Banjar Tunggal Sari, Delod Peken, Tabanan. Rabu (17/8). Foto : ist

TABANAN - Seorang warga bernama Saiful Hidayat (25) akhirnya dinterogasi petugas panwas di TPS 32 Banjar Tunggal Sari, Desa Delod Peken, Tabanan. Masalahnya, Pemuda kelahiran Singaraja ini diketahui membawa surat C6 atas nama Wagiman.

Hidayat diamankan sekitar pukul 11. 30 wita Rabu (17/4)  saat petugas Panwas TPS, Mohammad Barlian mengetahui bahwa pemuda ini membawa undangan kartu coblos (C6) milik orang lain.

“Wagiman itu warga kami, namun sering berpindah-pindah. Dia pun sudah mencoblos di TPS 32 menggunakan KTP dan kami juga curiga sebab ada orang lain membawa C6 atas nama Wagiman,” ujar Barlian kemarin.

Usai diamankan, Hidayat lalu dinterigasi petugas seputar dari mana dirinya memperoleh surat C6 tersebut. Padahal sebelumnya, pemilik hak suara yang tertera atas nama Wagimin sudah melakukan pencoblosan menggunakan KTP di TPS setempat.

Selain panwas di tingkat Desa, Petugas gabungan penegakan terpadu (Gakmundu) dan jajaran Bawaslu Tabanan juga hadir saat proses introgasi Hidayat.

Kepada petugas, Hidayat mengaku bahwa dirinya diberikan surat C6 tersebut oleh seseorang yang tidak dikenalnya dan berinisiatif mempertanyakan hal itu ke petugas TPS 32 Banjar Tunggal Sari.

Hidayat juga mengaku bahwa kedatangannya ke TPS 32 bukan untuk mencoblos namun hendak bertanya apakah ibunya yang mengalami buta bernama Rahmaniah dan telah mendapat C6 bisa mencoblos di TPS 32.

“Ciri-ciri orang yang memberikan surat C6 kepada berprawakan tinggi dengan kulit putih,” ujar Hidayat di hadapan petugas.

Ketua Bawaslu Tabanan, I Made Rumada menegaskan bahwa peristiwa pencoblosan belum terjadi sebab kedahuluan dicehah oleh petugas. Meski demikian, dia menegaskan akan melakukan penyelidikan berikut mengumpulkan bukti-bukti terkait masalah ini.

“Syukur petugas panwas sudah melakukan pencegahan lebih awal sehingga peristiwa pencoblosan belum terjadi,” ujar Rumada yang hadir di lokasi bersama dengan jajaran petugas Panwascam Tabanan kemarin.

Meski proses pencoblosan sempat terganggu beberapa saat akibat temuan tersebut, namun proses nyoblos di TPS akhirnya kembali berjalan lancar hingga perhitungan perolehan suara berakhir. (Cia)

Komentar