Beras Tabanan Tembus Toko Modern Berjejaring

Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti menunjukkan beras merah dan teh beras merah yang dihasilkan oleh salah satu UMKM di Tabanan (Foto: Ist/Hms)

TABANAN - Produk beras dari Kabupaten Tabanan, Bali berupa varian Beras Sehat Wangi Mentik Susu, Beras Merah Cendana dan Beras Hitam, dengan brand Pertiwi Bali yang dipasarkan Badan Usaha Milik Daerah (BUMDa) PD. Dharma Santhika, Kabupaten Tabanan, mulai masuk ke Toko modern berjejaring di Bali.

Direktur PD. Dharma Santhika Tabanan, I Putu Sugi Darmawan mengungkapkan hal itu di kantornya, rabu (10/4). "Sebanyak masing-masing 173 box (1038 pcs) Beras Sehat Wangi Mentik Susu, Beras Merah Cendana dan Beras Hitam, dipesan perdana oleh PT. Sumber Alfaria Trijaya, Tbk, melalui Purchase Order (PO) yang akan disebar di outlet toko berjejaringnya, yakni pada 217 outlet Alfamart yang tersebar di seluruh Bal," paparnya.

Menurut Sugi Darmawan, Pemerintah Kabupaten Tabanan melalui BUMDa PD. Dharma Shantika juga akan mengajukan produk miliknya ke toko berjejaring lainnya yang ada di Bali. Sehingga produk-produk milik PD. Dharma Santhika  yang bekerjasama dengan BUMDes yang ada di Tabanan bisa dipasarkan dengan maksimal, dan berefek positif terhadap kesejahteraan Petani di Tabanan.

"Beras wangi Mentik Susu diambil dari Subak Timbul atau BUMDes Desa Gadung Sari, Seltim. Beras Merah Cendana dipasok dari BUMDes Babahan & BUMDes Mengesta, Penebel serta Beras Hitam dari BUMDes Tajen dan Jatiluwih, Penebel," katanya saat ditanya asal varian beras tersebut.

Disebutkan, selain memasarkan produk BumDes ke toko modern berjejaring di Bali,  berbagai upaya telah dilakukan  termasuk menggunakan sistem digital di dalam pemasaran produk, mulai dari basis data menggunakan digital serta aktif di Media Sosial.

“Kiat kita adalah promosi lewat media sosial seperti instagram, facebook dan website yang kita miliki. Setiap aktivitas yang ada di PDDS kita share lewat medsos, termasuk aktivitas pemasaran, pengambilan produk ke BUMDes, petani dan UMKM Tabanan. Dan bagi yang berminat bergabung di dalam pemasaran atau pengajuan produk bisa kunjungi Website atau media sosial kami,” tambahnya

Terkait langkah yang ditempuh PD Dharma Santhika tersebut, Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti memyambut baik mengingat Pemkab Tabanan sedang gencar-gencarnya membangun ekonomi kerakyatan baik dalam hal pemberdayaan UMKM maupun perlindungan terhadap petani agar petani memiliki ketahanan ekonomi menuju kesejahteraan menyongsong era globalisasi.

Menurut Bupati Tabanan, berbagai kebijakan pro rakyat pula telah digalakan. Mulai dari program –program inovatif yang berujung untuk mensejahterakan masyarakat Tabanan. Misal melalui pemasaran melalui digital Uniknya juga, mendengar keberhasilan BUMDes, banyak menarik minat daerah luar yang justru ingin belajar tentang BUMDes yang dimilki Kabupaten Tabanan. Dan setidaknya ada kebanggaan tersendiri bagi Tabanan.

“Intinya Tabanan fokus dalam market digital, dalam artian menggunakan sistem digital sebagai basis datanya. Beras Tabanan akan mendunia dan GO Digital. Dan tentunya itu terwujud harus melalui kerjasama yang intens dari pihak terkait” ujar Bupati Eka, Rabu, (10/4) sore di sel-sela kegiatannya.

Bupati menghimbau kepada seluruh masyarakat, khususnya masyarakat Tabanan agar mencintai produk-produk yang berasal dari Petani dan UMKM Tabanan, karena kualitas produk dari Petani dan UMKM Tabanan tidak kalah saing dengan produk serupa lainnya yang lebih dulu eksis.

“Cintailah produk-produk dari Petani dan UMKM kita di Tabanan dengan cara membeli produk tersebut di toko berjejaring yang telah tersedia. Sebagai masyarakat Tabanan kita haraus berani membeli, bahkan ikut memasarkan produk-produk dari BUMDes kita, sebagai wujud cinta kita terhadap Tabanan,” pungkasnya. (Dim/Cia)

Komentar