Puluhan Peserta Meriahkan Seleksi Tilawatil Qur’an dan Hadist ke XXV Tabanan

Pemukulan rebana warnai pembukaan STQH ke XXV Kabupaten Tabanan tahun 2019 di Gedung Banjar Tunggal Sari, Kampung Jawa, Tabanan. Sabtu (30/3). Foto : Ist

TABANAN -  Sebanyak 39 peserta mengikuti sekaligus memeriahkan ajang seleksi Tilawatil Qur’an dan Hadist (TQH) ke XXV Kabupaten Tabanan 2019. Para peserta merupakan perwakilan dari 7 (tujuh) kecamatan yang ada di Kabupaten Tabanan.

Pembukaan STQH ke XXV dengan thema Al Quran meneguhkan ukhuwah dan Menciptakan Harmoni dalam keberagaman tersebut digelar di Gedung Banjar Tunggal Sari, Kampung Jawa, Tabanan dan dibuka langsung oleh Kepala Dinas Kebudayaan, I Gusti Ngurah Supanji mewakili Bupati Tabanan, Ni Putu Eka Wiryasuti. Sabtu (30/3).

Bupati  Tabanan, Ni Putu Eka Wiryastuti menyatakan apresiasinya terhadap pelaksaan STQH ke XXV Kabupaten Tabanan tahun 2019. Melalui kegiatan positif tersebut, Bupati juga sekaligus berpesan agar ayat-ayat  suci Al Qur’an tidak hanya sekedar dibaca, namun juga harus dihayati dalam kehidupan.

“Bukan hanya sekedar dibaca juga namun juga sebagai sarana mengajarkan anak didik, sekaligus untuk menanmkan nilai nilai universal di tengah-tengah permasalahan sosial masyarakat yang semakin kompleks,” ujar I Gusti Ngurah Supanji.

Selain mendukung kegiatan tersebut, Supanji juga menyampaikan usulan Bupati, agar para peserta dari Kabupaten Tabanan dididik dengan sebaik-baiknya, dan diharapkan mampu  sebagai juara dan benar-benar mewakili Kabupaten Tabanan diajang lomba berikutnya.  

Dilain pihak, Kepala Kemenag Tabanan,  Ida Bagus Putu Arsana yg juga diwakili Kasubbag TU,  I Ketut Merta menyaakan bahwa penyelenggaraan STQH seperti sekrang ini tentu tidak hanya sekedar bermakna sebagai peneguhan syiar Islam, tetapi lebih jauh diharapkan bisa menjadi barometer dalam  mengukur hasil kegiatan pembelajaran Al Qur'an di masyarakat.

“Semoga kegiatan ini lebih jauh bisa menjadi tolak ukur pembalajaran di masyarakat,” ujarnya.

Acara STQH ke XXV ini akan digelar selama sehari penuh dengan memperlombakan sejumlah cabang  yang akan diperlombakan meliputi, tilawah anak putra  dan putri, dewasa putra dan putri,  tahfidz  1 Juz putra dan putrid,  1 juz putri, tahfiz  5 juz putra dan putri,  10 juz putra dan 20 juz putra.

Bagi pemang nantinya akan mewakili Kabupaten Tabanan diajang STQH Provinsi Bali yang akan digelar 27-28 April mendatang. (Cia)

Komentar