Pemprov Bali Bantu Rehab Rumah Mangku Dewa Made Kerta

Foto : Ist/Hms

GIANYAR – Dinas Sosial Provinsi Bali siap membantu perbaikan rumah Jro Mangku Kerta,  seorang Pemangku di Kelurahan Samplangan Gianyar. Bantuan rehab tersebut dilakukan usai dilakukan pengecekan kondisi rumah yang kondisinya memang seharusnya direhab.

Kepastian rehab rumah Mangku Kerta dilakukan setelah pihak Pemprov Bali melalui Kepala Dinas Sosial Provinsi Bali, Dewa Gede Mahendra Putra  langsung meninjau lokasi untuk memastikan kondisi sebenarnya. Jumat kemarin.

Menurut Mahendra Putra, rumah milik  Jero Mangku Made Kerta tidak perlu di bedah, karena masih layak huni. Rumah tersebut hanya perlu direhab bagian atapnya agar tidak sampai ambruk.

Menurutnya ada  14 ketentuan  sebagai dasar untuk meberikan bantuan bedah rumah diantaranya berlantai tanah, berdinding semi permanen dan beratap daun kelapa dan tidak layak dijadikan tempat tinggal.

“Rumah milik Jero Mangku tidak masuk dalam 14 Kriteria untuk dapat bantuan bedah rumah total, mungkin hanya perlu di rehab atapnya”, ungkapnya.

Mantan penjabat Bupati Bangli ini mengatakan bahwa bantuan Aladin adalah bantuan perbaikan yang diberikan untuk salah satu bagian rumah seperti perbaikan lantai, tembok atau atap secara terpisah.

“Kalau ini temboknya masih bisa digunakan, tetapi atapnya sudah rawan roboh. Nanti saya bantu Rp. 5 juta rupiah untuk rehab atapnya. Untuk rehab total memang tidak masuk dalam criteria, jelasnya kepada media.

Dikatanyannya bahwa rumah Jero Mangku Made Kertha yang dibangun tahun 1975 sudah pernah direhab beberapa kali, karena kurangnya perawatan maka rumah tersebut mengalami kerusakan.

Mengenai anak Jero Mangku Made Kertha, yaitu Dewa Arisudewa yang tuna netra pihaknya juga member bantuan berupa tongkat dan bantuan pemeriksaan kesehatan. Karena untuk melakukan aktivitas pria 29 tahun itu harus diantar.

“cobalah terus lakukan terapi, nanti untuk berjalan akan kami bantu tongkat biar bisa ke kamar mandi sendiri” pungkasnya.(*/Cia)

Komentar