Bupati Mas Sumatri Hadiri Sosialisasi Capaian Kinerja Kementerian ESDM

Bupati Karangasem, IGA Mas Sumatri saat hadiri acara Sosialisasi Capaian Kinerja Kementerian ESDM, Mitigasi Kebencanaan Geologi dan Sosialisasi Pendidikan Vokasi Sektor ESDM, di Wantilan Kantor DPRD, Jumat (22/3). Foto : Ist/Humas

KARANGASEM - Bupati Karangasem I Gusti Ayu Mas Sumatri menghadiri acara Sosialisasi Capaian Kinerja Kementerian ESDM, Mitigasi Kebencanaan Geologi dan Sosialisasi Pendidikan Vokasi Sektor ESDM, di Wantilan Kantor DPRD, Jumat (22/3).

Mas Sumatri dalam sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih kepada pihak Kementerian yang telah menggelar acara ini. Kegiatan ini seperti angin segar terhadap Kabupaten dalam meningkatkan pembangunan Karangsem jadi lebih baik dalam perbaikan SDM yang berdampak terhadap ekonomi masyarakat. 

Mas Sumatri melanjutkan,  sebagai Bupati di Kabupaten Karangasem, Ia sangat bertanggung jawab atas kemakmuran masyarakat Karangasem. Sekecil apapun bantuan yang akan membantu masyarakat Karangasem, pasti akan diperjuangkan dan dilaksanakan. Untuk memudahkan para wisatawan negara mengenal Kabupaten Karangasem, maka Kabupaten Karangasem meluncurkan tag line Karangasem The Spirit of Bali.

Sumatri berharap perhatian bersama pemerintah pusat, provinsi dan juga komponen lainya bisa membuat Karangasem terangkat. Ia mengatakan bahwa selama ini masyarakat secara perlahan telah pintar dalam menyikapi kekurangan kabupaten sebagai potensi yang bisa dikembangkan.

Diakui Bupati kendala di Kabupaten Karangasem adalah dilihat dari PAD Karangasem yang kecil dengan beban yang sangat berat. Masih banyak infrastruktur yang ingin dibuat dan dibenahi, tetapi terkendala dengan dana.

“Mudah-mudahan untuk mewujudkan keinginan tersebut ada bantuan-bantuan yang masuk seperti CSR. Terkait hal ini kami sangat bangga, mudah mudahan dari kementrian ESDM selalu membawa bantuannya ke Kabupaten Karangasem,” ujarnya dihadapan sejumlah undangan dan pejabat Kementerian ESDM.

Nampak hadir diacara yakni Kepala BPSDM kementerian ESDM, I Gusti Nyoman Wiratmaja, Staf Ahli Gubernur Provinsi Bali Ni Luh Made Wirati, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan ESDM Provinsi Bali, Ida Bagus Ngurah Arda, Kepala BPSDM Prov Bali yang diwakili kepala bidang pengembangan Kompetensi Teknis, Anak Agung Bagus Suryawan, Para Kepala OPD, Forkopimda, Para Pejabat di lingkungan BPSDM,Para Kepala Sekolah,Guru, Komite Sekolah, Siswa SMA/SMK se Kabupaten Karangasem, Pengurus Bumdes di Ling.Kab Karangasem,perwakilan Ormas, Kelompok Ahli Pembanguan, Perwakilan Kepala Pusdiklat PLN Coorporite University,Perwakilan General Manager PT Indonesia Power Wilayah UP Bali,Kelompok Ahli pembangunan KBS Energi Gubernur Provinsi Bali.

Dilain pihak, Kepala BPSDM Kementerian, ESDM I Gusti Nyoman Wiratmaja dalam sosialisasinya mengatakan, bidang Minyak dan Gas Bumi sampai saat ini masih merupakan komoditas yang diandalkan untuk memenuhi kebutuhan energi Nasional.

Karena itu sangat memerlukan anak bangsa yang mampu untuk mangelolanya dengan baik. Untuk menjawab tantangan tersebut maka Politeknik Energi dan Mireral Akamigas (PEM-A) di bawah Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Energi dan Sumber Daya

Mineral (BPSDM ESDM), Kementenan ESDM turut andil dalam berkontribusi mencerdaskan anak bangsa dengan mendidik putera puteri terpilih di PEM-Akamigas. 

Wiratmaja menegaskan , PEM Akamigas terus berupaya meningkatkan kualitas pelayanan, sehingga menjadi lembaga pendidikan vokasi yang dapat meluluskan dan mencetak putera puteri terpilih yang siap bekerja secara profesional, kompeten dan berdaya saing, sehingga dapat mewujudkan dan ikut mencerdaskan kehidupan bangsa. Melalui kegiatan sosialisasi ini akan diperoleh sinergi dari berbagai pihak dalam mencetak generasi muda yang unggul dan kompeten yang diperlukan dalam masa yang akan datang. 

Ia juga menyampaikan, maksud dan tujuan  kegiatan Sosialsasi Capaian Kinerja KESDM yaitu selain mensosialisasikan capaian kinerja KESDM, pendidikan vokasi di sektor ESDM dan mensosialisasikan pengembangan kompetensi SDM bidang Minyak dan Gas Bumi, Bidang Ketenagalistrikan, Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi serta Bidang Geologi, Mineral dan Batu bara kepada Perangkat Daerah (Kepala Dinas, Camat, Lurah dan Kepala Desa) serta Kepala Sekolah, Guru SMA/SMK di Kabupaten Karangasem Provinsi Bali dengan jumlah peserta kurang lebih 500 peserta.

Dalam acara ini juga dilakukan penandatanganan Nota Kesepakatan Tripartit antara PPSDM KEBTKE dan Dinas Tenaga Kerja ESDM Provinsi Bali serta BPSDM Provinsi Bali disaksikan Kepala BPSDM ESDM , Bupati Karangasem dan Kepala Bidang Pengembangan Kompetensi Teknis BPSDM Provinsi Bali. Setelah itu dilanjutkan dengan sosialisasi dan diskusi panel.

Diskusi Panel terdiri dari 3 (tiga) pemaparan yaitu dari Kepala Sub Bidang Pemantauan Gunung Api, Badan Geologi  Devy Kamil Syahbana. Pemaparan dari Kepaia Pusat Pengembangan SDM KEBTKE (Ketenagalistrikan, Energi Baru Terbarukan, dan Konservasi Energi)  Umi Asngadah,Direktur PEM Akamgas (Politeknik Energi dan Mineral Akamigas)- R.Y. Perry Burhan. Direktur dan Kepala Pusat tersebut dari satker BLU yang bergerak dalam pendidikan dan pelatihan di Kementerian ESDM, akan memaparkan profil masing-masing serta diskusi panel dengan peserta terkait pendidikan vokasi dan pengembangan kompetensi SDM melalui pendidikan non formal. (*/Cia)

Komentar