Polres Tabanan Gelar Pasukan Pengamanan Pemilu

Kapolres Tabanan AKBP Made Sinar Subawa didampingi Wakil Bupati Tabanan I Komang Gede Sanjaya dan Dandim 1619/Tabanan Letkol Inf. Toni Sri Hartanto melakukan inspeksi pasukan. (Foto: Ist/Hms)

TABANAN - Kepolisian Resor (Polres) Tabanan laksanakan Apel gelar pasukan kesiapan TNI-POLRI dan Komponen Bangsa  dalam rangka Pengamanan Pemilu 2019 di Lapangan Alit Saputra, Tabanan, Jum'at (22/3)

Pada Apel yang mengusung tema “Tingkatkan Sinergitas TNI-POLRI dengan Komponen Bangsa Lainnya Guna Mewujudkan Keamanan Dalam Negeri yang Kondusif”, tersebut, Kapolres Tabanan AKBP Made Sinar Subawa yang menjadi Inspektur Upacara didampingi Wakil Bupati Tabanan I Komang Gede Sanjaya dan Dandim 1619/Tabanan Letkol Inf. Toni Sri Hartanto.

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto dalam amanatnya yang dibacakan Inspektur Upacara Kapolres Tabanan Sinar Subawa mengatakan, pemerintah akan menerjunkan 453.133 personel TNI dan Polri terkait pengamanan Pemilu 2019.

"Ada 453.133 personel pengamanan yang didukung dengan alutsista sesuai potensi kerawanan yang ada. Jumlah Kekuatanan TNI-Polri ini cukup besar. Sebagai prajurit TNI-Polri kita sepenuhnya menyadari bahwa tugas mengamankan penyelenggaraan pemilu serentak tahun 2019 ini adalah kehormatan dan kebanggan," paparnya.

Menurut Wiranto,  TNI dan Polri merupakan institusi yang bertanggung jawab langsung terhadap pengamanan pemilu bila menemukan adanya kerawanan dan hambatan. TNI dan Polri juga dapat mengambil tindakan tegas sesuai dengan prosedur tetap dan aturan hukum yang berlaku. Tidak ada toleransi sekecil apa pun bagi pihak-pihak yang akan mengganggu jalannya pemilu.

Wiranto menyebutkan, prajurit TNI maupun personel Polri,  harus mampu mendewasakan masyarakat dalam berdemokrasi. Tujuannya, agar masyarakat tidak mudah terprovokasi dengan isu dan berita bohong yang berpotensi menimbulkan keresahan. "Segera kenali, cari, temukan dan atasi serta netralisasikan potensi kerawanan agar tidak berkembang dan mengganggu penyelenggaraan pemilu," pesannya.

Apel Gelar Pasukan di Lapangan Alit Saputra diikuti oleh Satu Kompi TNI AD ( 3 peleton anggota Kodim 1619, 3 peleton anggota Rindam IX ) Satu Kompi Anggota Polres Tabanan ( 7 peleton anggota Polres dan Polsek ), Satu peleton anggota Dishub Kab. Tabanan, Satu peleton anggota Sat Pol PP Kab. Tabanan, Satu peleton anggota Satpam, Satu peleton anggota Banser dan Senkom, Satu peleton anggota linmasm Satu peleton anggota Pecalang dan Satu peleton Forum Perbekel Tabanan.

Selesai acara Pokok dilanjutkan dengan acara tambahan yaitu Peragaan ketangkasan lapangan Anggota Sat Sabhara Polres Tabanan dalam mengatasi situasi darurat (Raid Planning Excekution atau R.P.E.) yang dipimpin Kasat Sabhara Polres Tabanan AKP I Kadek Ardika, unit ini dilatih secara khusus dan memiliki berbagai macam kemampuan, diantaranya;  Bela diri, Pengetahuan dasar taktik tempur dan kemampuan R.P.E. (Dim/cia)

Komentar