Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Gubernur Koster Inginkan Pembangunan yang Selaras

Gubernur Bali I Wayan Koster (Foto: Ist/Hms)

GIANYAR - Pembangunan Bali yang meliputi sekala dan niskala merupakan warisan leluhur orang Bali yang membedakannya dengan daerah lain. Bukan hanya secara lahiriah tapi juga secara batiniah. Arah kebijakan yang juga menyentuh pendekatan niskala adalah keunggulan Bali yang tidak dimiliki daerah lain.

Gubernur Bali I wayan Koster mengungkapkan hal itu di hadapan ratusan perangkat desa, perbekel serta kelian se-kabupaten Gianyar dalam Kunjungan Kerja Gubernur Bali di Balai Budaya, Gianyar, Sabtu (2/3) pagi.

Menurut Koster, sesuai dengan visi ‘Nangun Sat Kerthi Loka Bali’, dirinya berkomitmen untuk menjaga kesucian dankeharmonisan sekala lan niskala yang telah turun temurun menjadi kearifan lokal yang tumbuh dan berkembang di Bali.

“ Keharmonisan alam Bali berserta isinya, melalui pembangunan yang terpola, menyeluruh, terintegrasi dan berakar dari warisan leluhur kita. Konsep ini yang saya gali kembali dan merupakan pedoman dari pola pembangunan semesta berencana untuk ‘Bali Era Baru’ ke depannya,”paparnya.

Disebutkan, keseimbangan alam, manusia serta budaya yang telah ada turun temurun di Bali adalah harga mati sehingga apa-apa yang berakar pada kearifan lokal harus dijaga dan pengaruh modernisasi pun tak boleh merusak atau menghancurkan budaya yang ada.

“Kita harus sadar betul jika intervensi dari luar jika tidak ditangani dengan baik berpotensi menggerus budaya kita. Harus diperhitungkan dalam suatu sistem, sehingga Bali senantiasa nyaman , aman dan damai,” tegasnya.

Menurut Koster, program-program yang telah dijalankan  maupun yang akan segera dijalankan, secara umum bersumber dari naskah-naskah kuno manusia Bali, dari konsep-konsep yang ditemukan dan disusun oleh leluhur orang Bali.

“ Konsep seperti Tri Hita Karana, dicetuskan leluhur kita tanpa sarana pendidikan seperti sekarang, namun dapat diaplikasikan sepanjang masa dan menjadi akar budaya. Ini luar biasa menurut saya. Saya pelajari betul itu,” tambahnya.

Dalam kesempatan tersebut, mantan anggota DPR RI ini menjelaskan pula beberapa regulasi atau peraturan yang telah dituangkannya dalam peraturan gubernur (pergub) yang kesemuanya ditujukan untuk menjaga keharmonisan alam dan budaya Bali.

“Contohnya saja peraturan yang membatasi penggunaan plastik sekali pakai. Banyak yang memuji peraturan ini karena hasilnya jelas, tujuannya jelas karena sampah plastik sudah demikian mengancam alam kita. Begitupun dengan peraturan penggunaan aksara Bali serta pakaian adat Bali, itu semua merupakan ciri khas kita, dasar budaya kita sebagai orang Bali yang harus kita tunjukkan,” katanya.

Sementara itu Bupati Gianyar I Made Mahayastra, mengapresiasi kedatangan Gubernur Bali yang bertatap muka langsung dengan para perangkat desa dari penjuru kabupaten Gianyar. “ Saya lihat hampir semuanya  hadir untuk mendengar paparan bapak Gubernur Bali mengenai program yang diljalankan, agar kita semua di Kabupaten Gianyar khususnya mengetahui seperti apa gambaran arah pembangunan dari gubernur terpilih,” kata Mahayastra.

Menurut Mahayastra, Pemkab  Gianyar  sudah berkomitmen untuk mendukung program-program yang nantinya akan berjalan dengan konsep satu pulau, satu pola dan satu tata kelola seperti yang dicetuskan Gubernur dalam visinya. “ Kami di Gianyar menyatakan siap, bergeliat melangkah maju bersama serta tak meninggalkan ciri khas masyarakat kami yang adem, tentram dan santun,”pungkasnya. (Dim/Cia)

Komentar