Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Bupati Mas Sumatri Harap Jambore PKK Dijadikan Wadah Menambah Wawasan dan Persahabatan

Bupati Karangasem, Mas Sumatri saat meninjau sejumlah stand PKK dalam acara Jambore PKK di Wantilan Kantor Bupati Karangasem. Sabtu (23/2). Foto : Ist/Hms

KARANGASEM – Disela-sela rutitnitasnya yang begitu padat, Bupati Karangasem, IGA Mas Sumatri menyempatkan diri hadir di acara Jambore PKK yang berlangsung di Karangasem. Dia pun berharap, ajang Jambore PKK dapat memberi nilai positif bagi kaum ibu-ibu yang ada hadir, yakni memberikan wawasa pengetahuan sekaligus persahabatan.

Demikian diungkapkan Bupati Mas saat berada ditengah-tengah acara Jambore PKK serangkaian HKG PKK ke 47 tahun 2019 yang berlangsung di Wantilan Kantor Bupati Karangasem. Sabtu (23/2).

“Saya harap acara Jambore PKK ini bisa dijadikan wadah dalam menambah wawasan, pengetahuan, persahatan dan persaudaraan,” ujarnya.

Selaku ketua pembina tim penggerak PKK Kabupaten Karangasem, Mas Sumatri juga ingin agar ibu ibu PKK yang hadir dapat mengoptimalkan berbagai kinerja dalam mewujudkan keluarga yang sehat dan sejahtera di Kabupaten Karangasem.

Gua memujudkannya, ungkap Mas,  maka diperlukan peningkatan peran gerakan PKK, dan dalam  hal ini harus selaras dengan perkembangan dan tuntutan kebutuhan masyarakat yang saat ini semakin meningkat.

Semangat itu tegasnya, juga sejalan dengan terbitnya Undang-Undang Nomor 6 tahun 2014 Tentang Desa, Peraturan Presiden RI Nomor 99 Tahun 2017 tentang Gerakan Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga, serta Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 1 Tahun 2013 Tentang Pemberdayaan Masyarakat melalui Gerakan PKK, maka diharapkan Gerakan PKK semakin mantap, untuk mewujudkan keluarga yang sejahtera.

“Untuk itu tim Penggerak PKK dengan seluruh jajarannya bisa bersinergi dengan pemerintah, lembaga kemasyarakatan lainnya dan dunia usaha,” tegasnya.

Lebih jauh PKK merupakan mitra pemerintah terutama dalam pemberdayaan perempuan salah satunya mengembangkan kreatifitas dan kemandirian para perempuan dalam menjalankan perannya.  

Untuk itu tegasnya, Pemerintah sangat mendukung dan mengapresiasi setiap kegiatan positif yang membantu perempuan menggali dan meningkatkan kemampuan sehingga berdampak pula dalam pengembangan ekonomi kreatif di Kabupaten Karangasem yang bermuara pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Dilain pihak, Ketua Panitia, Nyonya Sri Haryani Sumardi mengatakan bahwa acara Jambore PKK juga bertujuan meningkatkan ketrampilan kaum ibu ibu PKK selain menambah wawasan dan pengetahuan, termasuk  kader Dasa Wisma serta Kader lainnya dalam melaksanakan 10 Progam PKK di masyarakat.  

Untuk itu tegasnya, dalam mempercepat tercapainya tujuan pembangunarn nasional  maka diperlukan peran aktif masyarakat dalam pemberdayaan masyarakat. Terlebih lagi di era globalisasi saat ini diperlukan peningkatan SDM dalam upaya pencapaian indeks Pembangunan Manusia yang optimal.

“Peran aktif masyarakat diperlukan  demi tercapaianya tujuan pembangunan masyarakat,” tuturnya.

Dalam acara Jambore PKK dengan tema "Tingkatkan Kinerja Kader PKK melalui Pengelolaan Administrasi PKK menuju terwujudnya Nangun Sat Kerthi Loka Bali" juga digelar berbagai jenis lomba diantaranya ada Lomba Penyuluhan Tertib Administrasi, Lomba Penyuluhan Pola Asuh Anak dan Remaja, Lomba Penyuluhan Pemberdayaan Ekonomi Keluarga melalui UP2K PKK, dan sejumlah perlombaan lainnya. dan pemenang mendapatkan penghragaan dan hadiah yang telah disiapkan oleh Panitia. (*/Cia)

Komentar