Porjar Tabanan Resmi Dibuka, Wabup Sanjaya Ingatkan Atlit Junjung Sportivitas

Foto : Ist/Hms

TABANAN – Wakil Bupati Tabanan, DR. I Komang Gede Sanjaya, SE, MM, membuka secara resmi Pekan Olah Raga Pelajar (Porjar) Kabupaten Tabanan. Ditengah peresmian, Wabup berpesan agar para atlit bermain sportivitas saat bertanding.

Pembukaan berlangsung di Gedung Kesenian I Ketut Maria, Tabanan, Selasa (12/2), ditandai dengan membunyikan alat musik Okokan. Ajang dengan tema ‘Melalui Pekan Olahraga Pelajar Kabupaten Tabanan Tahun 2019 Kita Tingkatkan Prestasi Olahraga Menuju Tabanan Serasi’ ini, juga diharapkan menjaring atlit potensial mewakili Tabanan dalam event besar Porprov Bali 2019 mendatang.

Dalam sambutannya, Wabub Sanjaya menegaskan Porjar merupakan ajang kompetisi sekaligus evaluasi pembinaan olahraga di Sekolah, baik di kecamatan, Kabupaten maupun Provinsi dan sangat strategis dalam rangka membentuk manusia Indonesia seutuhnya, sehat jasmani dan rohani, taqwa terhadap Tuhan, terampil, berdedikasi tinggi serta bertanggung jawab terhadap Bangsa dan Negara.

Untuk itu, Ketua DPC PDI Perjuangan Tabanan ini mengajak para atlit untuk menjaga serta menunjung tinggi sportivitas dalam bertanding guna melahirkan atlit berperestasi yang akan mewakili Kabupaten Tabanan di  ajang Porjar Provinsi.

“Saya ingatkan kepada para atlit agar dalam pertandingan nanti menjunjung tinggi sportivitas dan selalu berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa, agar diberikan kekuatan dan keselamatan dalam bertanding. Sehingga berhasil meraih prestasi,” tegasnya.

Tahun 2019 ini, bebernya, Tabanan akan menyambut event besar, yakni menjadi Tuan Rumah Porprov Bali 2019. Berbagai persiapan sudah dilakukan termasuk membangun Gor Debes dan persiapan sejumlah venue untuk lomba dan lainnya.

Sanjaya juga berharap kegiatan olah raga bisa memadukan sport dan pariwisata dan ke depan kegiatan Porprov tidak hanya terpusat di satu tempat melainkan bisa dinikmati di desa-desa sehingga masyarakat bisa merasakan hasil pembangunan.

Sebelumnya, I Putu Weda Astawa selaku Ketua Panitia Porjar, melaporkan bahwa Porjar adalah kegiatan tingkat Daerah yang dilaksanakan setiap tahun adalah titik balik kulminasi pembinaan prestasi olahraga Pelajar tingkat Daerah dan sekaligus merupakan gambaran hasil pembinaan yang dilaksanakan oleh tiap-tiap Sekolah yang ada di Kabupaten Tabanan.

Porjar akan digelar sejak 12 hingga 24 Februari dengan lokasi lomba diantaranya di Lapangan dan Gor Debes, Lapangan Alit Saputra, Lapangan Umum Kerambitan, Dewara Sport Sangulan, Kolam renang Rindam, dan lainnya. Atlit yang berlaga merupakan atlit pilihan di tingkat Sekolah dan Kecamatan, yang akan berlomba atau berkompetisi pada 21 cabang olahraga dan 3 cabang olahraga eksebisi yang akan dipertandingkan.

Diantaranya, Atletik, Bola Basket, Bulu Tangkis, Bola Voli, Catur, Karate, Judo, Renang, Pencak silat, Panjat Tebing, Petanque, Senam, Sepak Bola, Sepak Takraw, Tenis Lapangan, Tenis Meja, Tarung Drajat, Taekwondo, Wood Ball, Dance Sport, Balap Sepeda, serta Eksebisi diantaranya, Rugby, Gateball dan Pexi.

“Jumlah peserta atau atlit yang terlibat pada Pekan Olahraga Pelajar Kabupaten Tabanan Tahun 2019 adalah sebanyak 2161 orang atlit,” terang Weda. 

Hadir dalam pembukaan kemarin yakni Pemegang Tongkat Komando Rindam IX Udayana, Esy Suharto, Forkopinda Tabanan, Ketua Komisi IV DPRD Tabanan, I Made Dirga, jajaran OPD dan sejumlah undangan lainnya. (*/Cia)

Komentar