Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Putri Suastini Koster : Natah Tidak Hanya Indah, Tapi Harus Bermanfaat

Foto : Ist/Hms

TABANAN - Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Bali, Nyonya Putri Suastini Koster  terus mendorong warga untuk memamfaatkan natah (tanah pekarangan,- red) untuk ditanami tanaman yang potensial. Menurutnya, pekarangan rumah tidak hanya  indah, namun juga harus bermamfaat.

Untuk itu, Istri orang nomor satu di Bali ini tak henti menghimbau warga untuk memamfaatkan halaman rumah dengan menanami aneka tumbuhan yang bermamfaat seperti tanaman obat keluarga (toga) dan sayur-sayuran.

Menurut Putri, rumah warga di Tabanan memiliki lahan yang cukup luas dan potensial untuk ditanami tanaman yang bisa bermamfaat untuk keluarga. Maksudnya, bukan indah karena ditanami bunga, namun sebaiknya Natah bisa buat menanam tanaman dapur dan tanaman obat lalu ditata sesuai penataan taman.

“Disamping nyaman dan indah juga harus bermanfaat,” ucapnya saat berkunjung ke di Desa Tiying Gading, Selemadeg Barat, Tabanan. Jumat (8/2).

Putri menegaskan, bahwa tahun 2019 ini semua PKK di Bali harus mulai mewujudkan HATI-nya PKK, agar bukan hanya sekedar wacana tapi harus benar-benar direalisasikan.

“Supaya yang namanya program HATINYA PKK tidak hanya contoh saja di satu rumah, namun contoh itu harus diterapkan oleh setiap tetangga dari rumah percontohan, begitu juga seterusnya,” himbaunya.

Ditambahkan, aneka tanaman tersebut akan sangat besar manfaatnya bagi masyarakat,  seperti pohon kelor, selain daunnya sangat bermanfaat untuk sayur juga bermanfaat sebagai bahan obat luka.

Dalam kesempatan itu, Putri sekaligus berpesan kepada seluruh masyarakat yang hadir, agar tidak pernah meremehkan ibu – ibu penggerak PKK sebab merupakan pergerakan yang tiada henti.

“Kita tidak boleh memandang sebelah mata kegiatan ibu PKK, karena mereka merupakan cikal bakal pendidik generasi bangsa kita menjadi generasi yang bermanfaat bagi Bangsa dan Negara. Ayok Kita Kerja,” tegasnya.

Putri Suastini Koster juga berkesempatan memberikan bantuan kepada PKK Kecamatan Selbar, untuk menunjang kegaiatan kedepannya sekaligus meninjau rumah percontohan HATINYA PKK, di Br. Antagana Kaja, Tiying Gading Selbar, sekaligus melakukan penanaman Tanaman Obat Keluarga. 

Kunjungan Putri Koster  merupakan kali kedua bersama sama ibu PKK di Tabanan terkait upaya harmonisasi dan mensinkronisasi Program HATINYA PKK yang digagas belum lama ini. Upaya serupa juga dilakukan di Desa Antapan Selemadeg Timur Tabanan.

Nampak hadir mendampingi Nyonya Suastini Koster yakni Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Tabanan, Ny. Rai Wahyuni Sanjaya, Camat Selbar, Ketua Tim Penggerak PKK Selbar, beserta anggota sekaligus menemani mengunjungi sejumlah stand produk makanan dari PKK Kecamatan Selbar dan membeli produk yang tersedia. (*/Cia)

 

Komentar