Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Generasi Milenial Diharap Semakin Tertib Berlalu Lintas

Foto : Ist/Hms

TABANAN  – Generasi muda diharapkan lebih bijak dan tertib saat berlalu lintas di jalan raya guna mengurangi resiko kecelakaan yang cenderung meningkat belakangan ini.

Hal itu sekaligus mendorong jajaran Polres Tabanan melakukan edukasi dengan menggelar acara  Millennial Road Safety Festival, Jumat, (25/1), di Pangung Terbuka Garuda Wisnu Serasi, Tabanan.

Acara ini juga mendapat apresiasi dan atensi penuh dari Bupati Tabanan, Ni Putu Eka Wiryastuti dan berharap anak muda semakin tertib saat berlalu lintas di jalan raya. Selain jajaran anggota Rsort Tabanan, turut hadir Ketua DPRD Tabanan, I Ketut Suryadi, FKPD Tabanan, OPD terkait di lingkungan Pemkab Tabanan.

Turut hadir ratusan kaum milenial, meliputi Pelajar dan Mahasiswa se-Kecamatan Kediri dan Tabanan serta Club Motor asal Tabanan yang dirangkai dengan sejumlah kagiatan lainnya.

“Tertib berlalu lintas merupakan kewajiban mutlak yang harus dilaksanakan. Umur ini merupakan umur yang sangat dibutuhkan bagi Keluarga, Bangsa dan Negara,” tegas Eka.

Bupati Eka menambahkan, Dari data kecelakaan lalu lintas di jalan raya, hampir 70% menimpa kaum millennial, yaitu kaum muda-mudi yang umurnya masih produktif. Kisaran umur 15 sampai 30 tahun.

Untuk itu, dirinya berharap agar kawula muda Tabanan tidak menyia-nyiakan hidup dengan urak-urakan di jalan raya melainkan lebih baik mengikuti kegiatan poisitf yang bisa menunmbuh kembangkan kemajuan pribadinya.

“Saya harap semua komponen bersatu padu menyelamatkan generasi millennial yang sangat kita banggakan. Jangan sampai hidup kita, generasi milenial ini sia-sia hanya karena tidak paham berlalu lintas yang baik dan benar. Jagalah keamanan dan keselamatan saat berkendara. Dan semoga kegiatan ini menjadikan inspirasi bagi kita semua, khususnya kaum millennial sebagai pelopor tertib berlalu lintas,” harap Bupati Eka.

Kapolres Tabanan, AKBP Made Sinar Subawa, selaku penyelenggara acara menjelaskan kegiatan Millennial Road Safety Festival ini merupakan road show kegiatan utama, yang akan dilaksanakan pada tanggal 17 Februari 2019 mendatang di lapangan Niti Mandala Renon, Denpasar. Dengan melibatkan kaum millennial dari kalangan pelajar dan mahasiswa se-Bali.

Dirinya menambahkan, bahwa permasalahan di bidang lalu lintas, khususnya lalu lintas jalan raya semakin hari semakin berkembang, sehingga permasalahan lalu lintas semakin hari semakin kompleks. Di tahun 2018 dikatakannya, di Tabanan kecelakaan di jalan raya mengalami peningkatan. Jumlah Laka di Tabanan tahun 2018 sebanyak 319 kasus. Ironisnya, 169 orang korban berumur 16 sampai dengan 30 tahun yang merupakan generasi millennial yang umurnya masih produktif.

“Maka disini, Saya mengajak para hadirin semua untuk mensosialisasikan pentingnya tata tertib berlalu lintas. Dan generasi millennial bisa menjadi pelopor keselamatan dalam berlalu lintas, sehingga bisa mewujudkan Bali sebagai model tertib berlalu lintas,” ujarnya.

Dijelaskan pula, dilaksanakannya Millennial Road Safety Festival ini sebagai bentuk kepedulian Kepolisian Republik Indonesia terhadap millennial. Agar mereka tidak menjadi korban kecelakaan lalu lintas dan untuk memberdayakan kaum millennial dalam mewujudkan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran berlalu lintas, guna tercapainya tujuan Road Safety to Zero Accident. (*/Cia)

Komentar