Gubernur Koster : Desa Yang Turut Sukseskan Pemilu 2019 Dapat Hadiah

Gubernur Bali, I Wayan Koster saat menerima audensi jajaran komisioner KPU Bali. Senin (21/1/2019). Ist/Hms

DENPASAR – Ada kabar baik di ajang perhelatan Pemilu 2019 mendatang. Gubernur Bali, Wayan Koster akan memberikan hadiah bagi desa-desa jika berhasil mensukseskan pemilu 2019 april nanti. Hal itu dilakukan guna meningkatkan partisipasi pemilih yang berdampak suksesnya gelaran pemilu di Bali.

Hal itu diungkapkan Koster saat menerima audensi KPU Provinsi Bali di Kantor Gubernur Bali, Senin (21/1).Pada kesempatan ini KPU Provinsi Bali menyampaikan kesiapannya menghadapi Pemilu Serentak pada tanggal 17 April 2019 mendatang.

Salah satu hal yang menjadi sorotan Gubernur Koster adalah bagaimana meningkatkan partisipasi pemilih dalam Pemilu Serentak tahun 2019 ini. Bahkan Gubernur Koster mengusulkan agar desa di Bali yang turut mensukseskan Pemilu 2019 mendapatkan insentif sebagai hadiah sehingga menimbulkan gairah untuk terlibat dalam pemilu.

“Ini bagian dari membangun proses demokrasi di Bali,” kata Gubernur.

Ketua KPU Bali I Dewa Gede Agung Lidartawan menyambut baik gagasan Gubernur Koster. Ia tak menampik bahwa diperlukan sosialisasi kepada masyarakat Bali untuk meningkatkan partisipasi pemilih. Menurutnya masih ada anak muda yang belum mengetahui jika 17 April 2019 mendatang ada Pemilu Serentak. Dengan melibatkan aparat desa maka diharapkan proses sosialisasi menjadi lebih efektif.

Gubernur Koster yang didampingi Kepala Kesbangpol Provinsi Bali Dewa Putu Mantera mengatakan akan meminta BPMPD Provinsi Bali untuk mengkaji usul ini agar dapat segera disosialisasikan.

Hal lain yang menjadi pembahasan terkait antisipasi mitigasi bencana pada Pemilu 2019 khususnya di sekitar Gunung Agung. Gubernur meminta agar dicarikan TPS terdekat jika terjadi kondisi yang tidak diinginkan. (*/Cia)

Komentar