Ngaben Massal, Wabup Sanjaya Apresiasi Kebersamaan Warga Banjar Adat Gerokgak Gede

Foto : Ist/Hms

TABANAN- Wakil Bupati Tabanan, DR. I Komang Gede Sanjaya, S.E. M.M, mengapreasiasi kebersamaan warga Banjar Adat Grokgak Gde, Desa Delod Peken, Tabanan dalam pelaksanaan Pitra Yandya Ngabel Massal yang digelar setra setempat. Tanpa mengurangi makna dan tujuan, ngabel massal merupakan salah salah satu terobosan yang sagat membantu warga meski dahulunya pernah menjadi perdebatan.

Turut hadir dalam acara, Kamis (17/1) tersebut sejumlah tokoh diantaranya anggota DPR RI, I Made Urip, anggota DPRD Tabanan, Desta Kumara, Camat Tabanan I Putu Arya Suta, tokoh masyarakat Tabanan dan beberapa tokoh lainnya.

“Saya memberikan apresiasi kepada warga. Yang terpenting adalah rasa tulus ikhlas dan gotong royong. Bukan berapa biaya yang dihabiskan ataupun berapa banyak banten yang ada. Tujuan yadnya adalah baik. Maka harus dilakukan sungguh-sungguh. Dengan ngaben massal ini juga akan meringankan beban keluarga,” Ungkap Sanjaya.

Pihaknya juga berpesan agar selalu menjunjung persatuan dan kesatuan serta selalu menjaga komunikasi dan komunikasi antara masyarakat dengan pemerintah. 

“Jaga terus persatuan dan persatuan serta komunikasi dan koordinasi dengan Pemerintah dalam membangun Tabanan menuju Tabanan Sejahtera, Aman dan Berprestasi,” ajak Wabup Sanjaya.

Sementara itu Ketua Panitia kegiatan, Made Arimbawa menjelaskan ngaben massal ini sudah menjadi tradisi di desanya yang diselenggarakan secara rutin. Pada penyelenggaraan tahun ini, ngaben massal diikuti 30 sawa yang terdiri dari 10 ngaben dan 20 ngelungah. 

“Ngaben massal ini sudah tradisi di desa kami yang tujuannya untuk meringankan beban warga, dan  ini merupakan penyelenggaraan  yang ke-4. Tahun ini ngaben massal diikuti 10 ngaben dan 20 ngelungah.” jelasnya.

Pihaknya juga berterima kasih atas kedatangan Wabup Sanjaya dan semua pihak yang telah memberikan dukungan sehingga acara yang berlangsung dapat terselenggara dengan baik. (Hms/Cia)

 

Komentar