360 Siswa Terima Beasiswa Daring OSC Medcom 2018

foto : istimewa

JAKARTA - Rangkaian seleksi kompetisi beasiswa online atau Online Scholarship Competition (OSC) Medcom.id 2018 telah usai diselenggarakan dengan sukses. Ada 360 peserta terbaik yang akhirnya berhasil meraih beasiswa penuh dari 18 Perguruan Tinggi Swasta (PTS) penyedia beasiswa OSC tahun ini.

Pengumuman sekaligus penyerahan sertifikat pemenang OSC 2018 telah dilakukan dalam Awarding Night yang digelar di Balai Kartini Jakarta, Kamis malam, 20 Desember 2018.

Direktur Utama Medcom.id, Muhammad Mirdal Akib mengaku, terharu melihat perkembangan OSC sepanjang empat tahun sejak pertama kali diluncurkan 2015 lalu.  Betapa program OSC telah berhasil menjembatani pelajar Indonesia untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan S1.

"Saya rasanya terharu, bahagia dan campur aduk melihat anak-anak ini. Di satu sisi sangat bangga dan bahagia ada 360 anak berkesempatan melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi melalui program OSC.  Tapi di satu sisi lain, saya juga melihat ada kekecewaan dari anak-anak yang belum berhasil hari ini," terang Mirdal saat memberikan sambutannya.

Mirdal menyerukan, agar peserta yang belum berkesempatan tidak bersedih. Sebab baginya, ke-1.260 peserta yang hadir di Balai Kartini hari itu adalah pemenang sejati.  "Sebetulnya mereka semua adalah pemenang, karena mereka adalah pejuang sejati," seru Mirdal. 

Mirdal menegaskan, bahwa akan banyak jalan yang dapat ditempuh para peserta OSC yang belum berhasil untuk melanjutkan kuliah dan mencapai cita-citanya.  Mirdal memaparkan, bahwa program OSC sudah memasuki tahun keempat penyelenggaraamnya. 

OSC merupakan salah satu dari banyak program, dan kepedulian maupun kegiatan yang dilakukan Media Group melalui anak usahanya, Medcom.id, di dunia pendidikan.

Momen Awarding Night OSC juga mengingatkan Mirdal pada sebuah peristiwa bersejarah, yakni Sumpah Pemuda. Di mana di dalam satu tempat dan kesempatan tengah berkumpul pemuda pemudi dari seluruh penjuru Indonesia.  

"Ada peserta dari Aceh, Flores dan lainnya.  Kita menciptakan sebuah peristiwa unik. Di mana kita berkumpul malam ini merayakan sebuah semangat, layaknya Sumpah Pemuda" terangnya.

Mirdal menegaskan, bahwa pada 100 tahun kemerdekaan mendatang, Indonesia akan dipimpin oleh generasi muda zaman sekarang, termasuk para peserta dan pemenang OSC 2018. "Indonesia di 100 tahun kemerdekaan akan dipimpin adik-adik semua," ujarnya.

Mirdal berharap, ke depan OSC Medcom.id dapat berbuat lebih banyak, luas dan besar lagi bagi dunia pendidikan Indonesia.  Tahun ini, OSC yang bermitra dengan 18 PTS memberikan 360 kuota beasiswa senilai Rp30 miliar.

Jumlah ini meningkat dari tahun sebelumnya, yakni 240 kuota beasiswa di 2017.  Secara total, OSC Medcom.id telah memberikan 810 beasiswa sepanjang empat tahun ini.

"Besar harapan, kami akan melakukan lebih baik, luas, dan besar lagi di tahun mendatang.  Tahun depan kami akan menambah PTS penyedia beasiswa lagi  terutama di wilayah Indonesia timur," ungkapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Vice Chairman Media Group, Reri Lestari Moerdijat,  menambahkan, program OSC menjadi salah satu program yang diinisiasi oleh Media Group di bidang pendidikan melalui anak usahanya Medcom.id.  Komitmen Media Group untuk membantu mencerdaskan anak Indonesia tidak perlu diragukan lagi, sederet program dan kegiatan bidang pendidikan juga telah dilakukan, di antaranya melalui Yayasan Sukma Bangsa, Media Group sudah mendidik anak-anak Indonesia, terutama warga Aceh, sejak 12 tahun lalu.

"Media Group dengan sadar mengambil peran memajukan pendidikan Indonesia.  Apa yang dilakukan teman-teman di Medcom.id melalui OSC adalah bagian dari impian kami semua di Media Group," tegas Rerie.

Rerie juga menyampaikan ucapan terima kasih tak terhingga kepada 18 PTS yang telah bekerja sama dengan Medcom.id dalam mewujudkan keberhasilan beasiswa OSC.  Ia berharap, ke depan akan lebih banyak lagi perguruan tinggi yang bergabung untuk membantu anak-anak Indonesia.  

"Kami hanya saluran berkah, yang membantu adalah kalian semua, 18 PTS penyedia beasiswa," tutup Rerie. (*/Cia)

Komentar