KPU Karangasem Tetapkan 380.195 Pemilih

Foto : Oke

KARANGASEM - KPU Karangasem terus melakukan perbiakan dan update terkait daftar pemilih tetap  di Karangasem.  Kemarin KPU Karangasem melakukan perbaikan dan verifikasi DPT terbaru. Ini merupakan perbaikan yang kedua kalinya untuk DPT kali ini. Kali ini DPT Kerangasem manjadi 380 195 pemilih. Sementara DPT sebelumnya hasil pleno 12 Nopember lalu adalah 380 283 pemilih alias mengalami penurunan.

 Pengurangan terjadi karena ada daftar ganda sebenyak 3 orang dan juga 18 orang ada di luar Karangasem.  DPT hasil verifikasi ini pun sudah di sepakati perwakilan parpol dan juga Bawaslu Karangasem yang hadir.

Selaian itu KPU juga mendata pemilih disabelitas. Di Karangasem ada 1039 total pemilih disabelitas.  Terbesar diantaranya di Karangasem sebanyak 212 pemilih disusul kecamatan Abang 181 pemilih dan Kubu 107 pemilih. Sementara pemilih disabelitas terkecil adalah kecamatan Sidemen 63 orang.

 Menurut Ketua KPU Karangasem I Gede Krisna Adi Widana data pemilih disabelitas sebanyak itu sudah masuk dalam DPT. Hanya saja memang ada data khusus. Ini dilakukan agar penyelenggara mempersiapkan fasilitas kalau di TPS tersebut ada pemilih disabelitas.

“Misal kalau di TPS tertentu ada pemilih disabelitas tidak bisa melihat, makanya wajib di siapkan kaetu suara dengan urup braile,” ujarnya.

Sementara jika ada pemilih yang tidak bisa berjalan atau menggunakan kursi roda maka di TPS tersebut wajib ada untuk jalur kursi roda.

 Untuk itu KPU Karangasem juga telah mendata pemilih yang ada di rutan Karangasem, dimana ada 142 pemilih. 16 orang ber KTP Karangasem, 33 orang di luar Karangasem (bali) dan 12 orang dari luar Bali. sementara yang masuk DPT baru 91 orang.

 Terkait dengan pemilih di Rutan, KPU sendiri belum menyiapkan TPS di dalam rutan. Kalau sebelumnya memang TPS ada di dalam rutan namun sekarang ini belum ada kepastian. Sebelumnya TPS di dalam hutan namun petugas TPS dari luar.  KPU sendiri mengaku masih menunggu petunjuk pusat terkait TPS di Lapas atau Rutan. Namun untuk sementara KPU sudah menyiapkan TPS terdekat di kawawan Rutan.

Hanya saja kendala soal pengamanan dan pengawalan Napi saat melakukan pencoblosan seperti apa mekanismesnya. (Oke)

Komentar