Tehcnology Sm@rt Desa Milik Desa Duda Timur Jadi Tujuan Study Banding

foto : Oke

KARANGASEM  - Aplikasi Sm@rt Desa milik Desa Duda Timur, Selat, Karangasem buatan perusahaan PT. Saebo Technology belakangan ini semakin mencuri perhatian.

Dengan sederet kecanggihan fitur yang ada didalam aplikasi Sm@rt Desa seperti pemetaan data kependudukan berdasarkan golongan darah, pengurusan surat surat berbasis online dengan inovasi barcode terbarunya, pelaporan peristiwa dan segala infornasi mengenai wilayah Desa setempat membuat tehnology ini banyak dilirik untuk diterapkan didesa desa lainnya.

Seperti yang disampaikan oleh Eni Rosda Hartini Kepala Desa Bungurasih. Kecamatn Waru, Kabupaten Sidoarjo, Jawa timur yang pagi ini, Sabtu (01/12) datang ke Desa Duda Timur dalam kegiatan study banding peningkatan kapasitas perangkat Desanya.

"Desa Duda Timur ini infornasinya sudah tersebar luas mengenai aplikasi Sm@rt Desanya, mudah - mudahan ilmu yang didapat ini dapat diserap oleh prangkat Desa saya," kata Eni Rosda Hartini, Kepala Desa Bungurasih.

Eni sendiri datang bersama rombongan sebanyak 40 orang, dintaranya ada dari staf, Karang Taruna, Bumdes ,BPD dan PKK. Dirinya berharap agar tehnology serupa juga bisa dikembangkan didesanya Bungurasih.

Sementara itu, kedatangan rombongan perangkat Desa tersebut diterima langsung oleh Kepala Desa Duda Timur, I Gede Pawana bersama staf kedesaan dan juga pemilik PT. Saebo Technology, Sonyy Kastara Dhaniswara.

Menurut Pawana, saat ini pihaknya temgah gencar memperkenalkan potensi pariwisata yang ada di Desanya. Namun yang menjadi fokusnya saat ini yaitu aplikasi sm@rt desa ini. Tidak hanya itu, setelah sukses dengan aplikasi tersebut, dirinya bersama PT. Saebo Technology tengah mengembangkan terus aplikasi tersebut dengan menciptakan Sm@rt One Indonesia

"Sm@rt One Indonesia ini cangkuoannya sudah seluruh indobesia, saat ini baru sebatas wadah, nanti jika ini berjalan maka seluruh Dusun, Kelurahan, Desa, Kecamatan, Provinsi se Indonesia tinggal input datanya saja," kata Pawana didampingi Sonyy Kastara Dhaniswara.

Disamping itu, rombongan juga diberikan sejumlah pemaparan materi mengenai fitur fitur unggulan dan kelebihan apa saja yang ada diaplikasi Sm@rt Desa tersebut langsung oleh pemilik PT. Saebo Technology. (*/Oke) 

Komentar