Berkat Sukses Ubah Kebiasaan Buang Hajat Warganya, Desa Amerta Bhuana Peroleh Penghargaan

foto : Oke

KARANGASEM - Desa Amerta Bhuana sukses mengajak warganya untuk tidak buang hajat sembarangan. Yakni mengarahkannya ke Jamban atau WC. Sebelumnya warga Desa membuang hajat sembarangan termasuk di selokan selokan dan kebun. Hal ini jelas sangat tidak sehat dan bisa menimbulkan berbagai penyakit.

Karena sukses dengan edukasinya ini maka Desa A,merta Bhuana diganjar penghargaan ODF (Open Defication Free) dari Dinas Kesehatan Karangasem.

“Ya unik juga penghargaan ini, orang buang hajat juga dapat penghargaan,” ujar Perbekel Amerta Buana Wayan Suara Arsana kemarin. apa yang dilakukan Desa Amerta Buana tidaklah mudah. Karena bertahun tahun harus merubah pola atau prilaku yang sudah terjadi bertahun tahun. namun dengan kerja keras para Kawil juga Desa adat akhirnya upaya ini berhasil. Buktinya Desanya mendapat penghargaan seperti itu.

Suara mengakui untuk mendapatkan penghargaan juga sudah dilakukan penilaian selama satu tahun oleh Dinas Kesehatan.

“Dulu saya kerap di hujat..buang air saja di urus Perbekel,” ujarnya. namun upaya ini tetap harus dilakukan. Bukan demi penghargaan namun untuk kesehatan bersama. Dari 78 Desa di Karangasem semua di nilai. Ada lima Desa yang leyak mendapat penghargaan tersebut termasuk Desa Amerta Buana, Selat.

“awal awalnya sangat berat…bahkan ada warga yang diminta buang air besar ke WC malah tidak bisa keluar,” ujarnya sambil tertawa.

Saat ini memang belum nol, namun sudah sangat jauh berkurang. Untuk diketahui Desa Amerta Buana ada empat dusun, Muntig, Abian Tiing, Tegeh dan Sukaluwih. Warganya 1300 KK. Saat ini hampir setiap pekarangan rumah sudah ada jamban atau WC. “memang ada satu pekarangan rumah diisi tiga KK namun ada jamban satu,” ujarnya.

Kedepan Desa juga akan berupaya memberikan bantuan WC untuk warga tidak mampu. Hanya saja untuk WC umum tidak akan di bagun karena kurang bagus dan rawan rusak serta kotor. Sementara itu deklarasi di gelar di Balai Banjar Abian Tiing. Hadir saat itu Camat Selat dan juga Kapolsek Selat. Kegiatan ini juga diawali dengan senam cuci tangan oleh ibu ibu PKK.

Sementara lima Desa yang mendaat oenghargaan yang sama adalah Amerta Buana, Sengkidu, Macang, Pesaban dan Padang Bai. Untuk itu kemarin juga telah di lakukan ikral bersama untuk selalu hidup bersih dan sehat. (*/Oke)

Komentar