Nyonya Putri Koster Dorong PKK Mulai Kemandirian Pangan

GIANYAR - Ketua TP PKK Provinsi Bali Ny. Putri Suastini Koster mendorong TP PKK yang ada di seluruh Kabupaten/Kota di Bali untuk memulai program kemandirin pangan dengan memanfaatan pekarangan, yaitu memaksimalkan pekarangan dengan tanaman sayur-sayuran, tanaman bumbu dan tanaman obat.

Hal itu disampaikannya dalam acara Lomba Pelaksana Terbaik Kesatuan Gerak PKK-KKBPK-Kesehatan dan Lomba-Lomba HKG dan Jambore PKK Tingkat Provinsi Bali tahun 2018/2019 di Wantilan Pura Desa lan Puseh Sukawati, Gianyar, Kamis (29/11). 

Lebih lanjut, Putri Koster menyatakan, TP PKK Provinsi Bali sangat memotivasi dan memfasilitasi kelompok masyarakat untuk mampu memanfaatkan setiap potensi dan sejengkal tanah di setiap lingkungan rumah agar dapat dimanfaatkan dengan berbagai tanaman sesuai kebutuhan rumah tangga dan obat-obatan keluarga, sehingga menjadi sumber penghasilan dan pendapatan bagi keluarga dengan harapan menjadi keluarga mandiri pangan .

“Dengan cara membudidayakan berbagai jenis tanaman sesuai dengan kebutuhan pangan keluarga untuk memenuhi ketersediaan pangan sumber karbohidrat, vitamin, mineral, dan protein bagi keluarga, sehingga akan dapat membentuk suatu kawasan yang kaya akan sumber pangan yang diproduksi sendiri dari hasil optimalisasi perkarangan yang ditanam oleh keluarga,” tegasnya.

Sebelumnya Ia juga menyatakan bahwa Gerakan PKK dilaksanakan untuk membantu program pemerintah dengan sasaran keluarga sebagai unit terkecil dari masyarakat. Untuk itu tiap tahun dilaksanakan berbagai program kerja serta lomba yang dikondisikan dengan keadaan dan lingkungan setempat.

“Ini juga sangat sesuai dengan program pemerintah saat ini Nangun Sat Kertih Loka Bali, menjaga kesucian dan keharmonisan alam Bali beserta isinya,” jelasnya.

Kegiatan ini juga diharapkan bisa menjadi motor penggerak serta partisipasi dari semua pihak serta menjadi wadah pembinaan bagi instansi pemerintah, organisasi kemasyarakatan maupun LSM. Untuk lebih memacu kegiatan di lapangan, maka dilaksanakan lomba-lomba yang diikuti oleh segenap kader PKK dari 9 Kabupaten/Kota se-Bali.

“Untuk kategori Kota secara otomatis kami telah mengusulkan Kota Denpasar, sementara untuk kategori Kabupaten kami akan pilih pemenangnya,” tandasnya.

Hal senada juga disampaikan Bupati Gianyar I Made Mahayastra dalam sambutannya yang dibacakan oleh Asisten Administrasi Pemerintah dan Kesra I Made Mertha Adhiatmaja, menyampaikan bahwa apa yang telah disiapkan oleh PKK Desa Sukawati karena kebutuhan masyarakat, bukan hanya untuk kepentingan lomba semata. Menurutnya untuk menjadikan seperti sekarang, TP PKK Kabupaten Gianyar rutin melakukan pembinaan dan pemberdayaan. “Pembinaan tersebut meliput berbagai kegiatan, seperti pembinaan administrasi serta pembinaan kegiatan pendukung,” jelasnya. Ia berharap, meskipun tujuan lomba adalah untuk menjadi pemenang, namun semangat PKK dalam menjalankan program pokoknya bisa berjalan sehari-hari.

Sementara itu Ketua PKK Desa Sukawati Ny. Sri Suryawati melaporkan bahwa selama ini PKK Desa Sukawati telah berupaka memberikan yang terbaik dalam menginplementasikan 10 program pokok PKK baik dari segi admnistrasi ataupun lainnya.

Disamping itu dalam mewujudkan PKK Desa Sukawati juga rutin melaksanakan pembinaan untuk melestarikan halaman asri teratur indah dan nyaman melalui pengembangan toga dan tanaman dapur lainnya, serta dalam bidang kesehatan juga rutin melakukan IVA Test dalam mendeteksi dini kanker leher rahim serta meningkatkan efektifitas Posyandu dalam meningkatkan kesehatan Balita. Ia berharap dalam penilaian ini tim dapat melakukan penilaian secara objektif sehingga akhirnya diperoleh juara yang berkualitas.

Dalam kesempatan yang juga dihadiri Wakil Ketua PKK Kabupaten Gianyar, juga dilakukan penilaian terhadap 9 indikator program pokok PKK, dimana salah satu lokasi percontohan HATINYA PKK berada di Banjar Delon Tangluk, Sukawati. (*/Cia)

Komentar